Pengaruh iklan dan brand image terhadap minat beli mie Lemonilo di Kota Mataram

I Gede Bayu Wijaya, Ni Nengah Ditya Riskika Dewi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari iklan dan brand image terhadap minat beli konsumen pada produk mie Lemonilo di Kota Mataram. Penelitian ini dilakukan karena dari observasi awal menunjukan bahwa terjadinya fluktuasi  penjualan pada produk mie Lemonilo sehingga hal ini menjadi fenomena atau permasalahan pada penelitian. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan populasi yakni seluruh konsumen yang melakukan dan pernah melakukan pembelian produk mie Lemonilo, pengambilan sampel menggunakan metode aksidental sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 96 orang.Variabel dari penelitian ini adalah variabel bebas Iklan (X1), Brand Image (X2) dan Minat Beli (Y)sebagai variabel terikat. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa faktor iklan dan citra merek mie lemonilo berpengaruh terhadap minat beli konsumen yang ditunjukan berdasarkan hasil data yang diolah menggunakan SPSS Versi 23. Berdasarkan hasil penelitian ini maka sangat penting bagi suatu perusahaan untuk memperkenalkan produknya melalui iklan sehingga ini akan membangun suatu citra terhadap merek yang diusung oleh produk tersebut.

This study aims to determine the effect of advertising and brand image one consumer buying interest in Lemonilo noodle product in Mataram City. This research was conduted because initial observation showed that there was a fluctuation in sales of Lemonilo noodle product so that this became a phenomenom or problem in the study. The method used in this study is a quantitative method with apopulation of all consumers who make and have purchased Lemonilo noodle product, sampling using the accidental sampling method so that a sample of 96 people is obtained. The variable of this study are the independent variable Advertising (X10, Brand Image (X2) and Purchase Interest (Y) as dependent variables. The results of the study indicate that advertising factors and brand image of Lemonilo noodles affect consumer buying interest which is shown based on the result pf data processed using SPSS version 23. Based on the results of this study, it is very important for a company to introduce its products through advertising so that this wll build and image to the brand that the product carries


Kata Kunci


advertisement; brand image; buying interest; lemonilo; mataram

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, K. (2001). Cara Menggunakan Dan Memaknai Analisis Asumsi Klasik. Cetakan Pertama. Bandung: Alfabeta.

Andini, A. (2021). Susenas 2020: Mi Instan Makanan Segala Usia, Nomor Dua Sedunia. Lokadata: 1. https://lokadata.id/artikel/mi-instan-makanan-segala-usia-nomor-dua-sedunia.

Arista, D. E., & S. R. Triastuti. (2011). Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi ASET, 13(1), 37-45. http://journal.widyamanggala.ac.id/index.php/jurnalaset/article/view/71/45.

Keller., & Kotler. (2007). Manajemen Pemasaran 1. Edisi kedu. Jakarta: Indeks.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Kesebelas. Jakarta: Indeks.

Yola, M., & D. Budianto. (2013). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk pada Supermarket dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 12(9), 301-309. http://repo.unand.ac.id/4585/

Putra, A., & M. Heriyanto. (2017). Pengaruh Iklan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Texas Chicken Pekanbaru). 4(1), 1-11. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/11769

Rahma, E. S. (2007). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Telepon Seluler Merek Sony Ericson Di Kota Semarang). Tesis. Universitas Diponegoro. http://eprints.undip.ac.id/17265/1/Eva_Sheilla_Rahma.pdf.

Setiawaty, N. A. (2017). Pengaruh Iklan, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Samsung Galaxy Series (Studi Kasus Mahasiswa/I Universitas Gunadarma, Depok). Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 22(1), 47-56. https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ekbis/article/view/1509

Shafa, A. (2006). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Brand Awareness Lemonilo Melalui Instagram. Telkom University, 1-30. https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/167576/bab1/pengaruh-digital-marketing-terhadap-brand-awareness-lemonilo-melalui-instagram.pdf.

Snedecor, G. W., & Cochran WG. (1967). Statistical Methods. 6th Edition. Ames: Lowa State University

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, I G. B. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha. Jambura Economic Education Journal, 3(2), 52–60. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jej/article/view/10446/3127.

Yudiawan, I. (2014). Mengenal Tentang Makanan Siap Saji (Fast Food). Kompasiana. https://www.kompasiana.com/irfaan23/54f92c3ba3331135028b4a19/mengenal-tentang-makanan-siap-saji-fast-food.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.17.1.59-68

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.