Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk SOROT?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Panduan Penulis dapat diunduh disini

 

PANDUAN PENULISAN

Redaksi menerima naskah dalam bentuk hasil penelitian yang ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Naskah merupakan hasil karya ilmiah orijinal penulis dan bukan merupakan hasil plagiarisme.

Naskah diketik dengan Microsoft Office Word® sesuai template jurnal yang telah disediakan. Naskah berisi 4000-5000 kata (tidak termasuk daftar pustaka) dan diketik pada dokumen dengan ukuran kertas A4. Penulis diharuskan menggunakan template naskah yang disediakan oleh redaksi pada website jurnal.


1. Judul: Judul naskah ditulis singkat dan tidak lebih dari 150 huruf dalam versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Judul ditulis informatif dan menggambarkan isi pokok tulisan. Redaksi menyarankan agar penulis menyusun judul yang dapat menarik minat baca. Judul dalam Bahasa Inggris diketik italic.


2. Nama Penulis: Nama ditulis tanpa gelar diikuti dengan afiliasi penulis, yaitu asal fakultas dan perguruan tinggi bagi yang berasal dari perguruan tinggi, atau nama lembaganya bagi penulis dari non-perguruan tinggi. Semua penulis yang berkontribusi pada artikel agar menyertakan alamat email-nya. Redaksi menyarankan penulis juga menyertakan link profil scholar seperti ORCID dan Scopus.

Semakin lengkap informasi penulis yang disampaikan pada artikel akan memudahkan penulis terhubung dengan artikel dalam jaringan (daring).

 

3. Abstrak: Abstrak ditulis dalam dua versi, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, masing-masing maksimal 180 kata. Abstrak secara ringkas memberi tahu pembaca tentang tujuan penelitian, batasan penelitian, metode yang digunakan, hasil penelitian, keaslian (originality), dan dampak yang disampaikan terhadap ilmu pengetahuan. Abstrak seharusnya tidak berisikan teknis pelaksanaan penelitian, namun cukup jelas menggambarkan kontribusi artikel. Penulis dituntut untuk menunjukkan keserasian antara judul, abstrak, kata kunci, dan konten artikel.

 

4. Kata Kunci: Kata kunci merupakan bagian penting dari abstrak. Penulis menetapkan 5-8 kata kunci yang spesifik dan mencerminkan apa yang penting tentang artikel. Penulis dituntut untuk menyelaraskan Judul, Abstrak, dan Kata Kunci pada naskah.

Jurnal ini menggunakan kode klasifikasi Journal of Economic Literature (JEL). Tuliskan 2-5 kode JEL yang merepresantasikan artikel anda. Petunjuk pengklasifikasian JEL dapat diakses pada tautan https://www.aeaweb.org/jel/guide/jel.php


5. Konten: Konten naskah pada jurnal ini terdiri dari bagian Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Penghargaan/ucapan terima kasih (bila perlu), dan Daftar Pustaka.

PENDAHULUAN - Bagian awal dari sebuah artikel harus dimulai dengan bagian pendahuluan yang memberikan latar belakang dan rincian lebih lanjut tentang tujuan dan alasan penulisan artikel. Paparkan apa tujuan dari penelitian ini? Mengapa Anda melakukan penelitian? Dukung latar belakang tulisan Anda dengan kajian pustaka. Pada bagian ini, penulis membahas tujuan tinjauan pustaka. Tinjauan pustaka mewakili inti teoritis dari sebuah artikel. Pada bagian ini editor dan reviewer akan mempertimbangkan apakah pustaka yang dikumpulkan oleh penulis benar-benar mendukung teori yang diusulkannya. Pertimbangan lainnya adalah bagaimana literatur pada bagian ini disusun dengan baik. Sehingga secara ilmiah, tulisan Anda mempunyai alasan dan dasar yang kuat untuk berkontribusi dalam kemajuan pengetahuan. Penulis pada bagian ini dituntut mampu menangkap perhatian pembaca untuk mengetahui lebih banyak tentang isi artikel pada bagian-bagian selanjutnya.

METODE - Bagian ini memaparkan proses yang dijalani dalam pelaksanaan penelitian. Selain itu juga memberi penjelasan singkat berupa alasan yang tepat menggunakan suatu metode atau pendekatan. Bagian ini seharusnya memuat secara detail mengenai metode yang digunakan dan memungkinkan pembaca mengevaluasi kesesuaian metode dengan kebutuhan penelitian serta instrumen untuk menguji dan memvalidasinya. Bagian metode juga bisa memuat sub bagian metode pemilihan sampel dan pengumpulan data.

HASIL DAN PEMBAHASAN - Bagian hasil merangkum data yang dikumpulkan untuk studi dalam bentuk statistik deskriptif dan juga melaporkan hasil analisis yang relevan yang dilakukan pada data. Penulis perlu melaporkan hasilnya dengan rinci sehingga pembaca dapat melihat analisis mana yang dilakukan dan mengapa, dan tentunya untuk membenarkan kesimpulan artikel. Sebutkan semua hasil yang relevan ataupun yang bertentangan dengan hipotesis yang dinyatakan.

Bila penulis memisahkan bagian hasil dan pembahasan, maka pada pembahasan tidak boleh menyatakan kembali hasil yang disampaikan pada bagian hasil. Begitu juga tidak diperbolehkan melaporkan hasil tambahan yang belum pernah dibahas sebelumnya dalam artikel. Fokus pembahasan lebih pada menyoroti dampak yang lebih luas dari temuan penelitian dan menghubungkannya kembali ke penelitian sebelumnya. Pastikan bahwa kesimpulan yang penulis capai mengikuti secara logis dari bukti/hasil yang didapat pada penelitian.

KESIMPULAN - Pada bagian ini, penulis menyajikan kesimpulan singkat dari hasil penelitian dengan saran untuk penelitian lanjutan atau pembaca umum. Kesimpulan dapat meninjau poin-poin utama dari makalah ini, tapi jangan mereplikasi abstrak sebagai kesimpulannya.

UCAPAN TERIMA KASIH (bila perlu) - Ucapan terima kasih kepada lembaga pemberi sumber dana dan lembaga yang dianggap berkontribusi pada penulisan artikel.


6. Tabel dan Gambar: Tabel dan gambar merupakan bagian dari naskah dan tidak dipisah dari badan naskah. Letakkanlah tabel dan gambar di tempat yang sesuai dengan narasi sehingga mereka melengkapi narasi. Tabel dan gambar diberi nomor urut berdasarkan urutan kemunculannya pada naskah. Tabel dan gambar harus diberi judul. Nomor-nomor tersebut diikuti dengan judul tabel dan gambarnya.

Gambar yang dicantumkan pada naskah harus dengan kualitas yang baik. Gambar tidak berdiri sendiri dan harus merupakan bagian dari naskah. Agar diperhatikan bahwa gambar bukan merupakan dokumentasi yang tidak terkait dengan pembahasan naskah.

Jurnal versi cetak dicetak dengan warna hitam putih, penulis sebaiknya menyesuaikan gambar dengan kondisi tersebut.

 

7. Daftar Pustaka: Untuk kualitas artikel yang baik, editor mengharuskan penulis menggunakan referensi primer (jurnal) dengan komposisi minimal 80% dibanding referensi lain pada daftar pustaka. Penulis diminta untuk menggunakan referensi yang mutakhir yang dipublikasikan dalam 5 tahun terakhir. Jurnal ini tidak menggunakan footnote pada badan naskah, segala sumber pustaka harus tercantum dalam badan naskah mengikuti aturan penulisan pengutipan dan Daftar Pustaka.

Mulai tahun 2019, format pengutipan dalam naskah dan tampilan daftar pustaka pada jurnal ini mengikuti American Physicological Association (APA). Lebih lengkapnya, penulis dapat mempelajari penulisannya pada APA Format Citation Guide, atau dapat mengikuti petunjuk dibawah.

Untuk pengelolaan referensi yang baik, redaksi menyarankan penulis menggunakan aplikasi pengelolaan referensi seperti Mendeley, EndNote, Zotero, atau Microsoft Office Word Citations & Bibliography.

 

PETUNJUK PENGUTIPAN DAN PENULISAN DAFTAR PUSTAKA

Pengutipan pada Naskah

Pengutipan pada naskah (in-text citation) harus sesuai dengan yang tetera pada Daftar Pustaka. Pengutipan ini diikuti oleh atau mengakhiri kalimat atau frasa yang dikutip dari sumbernya. Pada naskah mengutip dengan cara mencantumkan nama belakang penulis diikuti tahun terbitan artikel yang dikutip.

Satu Penulis: Bila nama lengkap penulis adalah Almasdi Syahza, maka penulisan pengutipan pada naskah menjadi:

Syahza (2002) menyatakan … atau

… (Syahza, 2002)

Struktur penulisan diatas dapat digunakan tergantung penyusunan kalimat pada naskah. Nomor halaman pada pengutipan dalam naskah tidak perlu ditulis.

Dua Penulis: Penulisan pengutipan dengan dua orang penulis, nama penulis pertama dan kedua dihubungkan dengan kata ‘dan’ seperti contoh berikut:

Syahza dan Nasrul (2003) menyatakan …… atau

…… (Syahza & Nasrul, 2003);

Tiga, Empat, atau Lebih Banyak Penulis: Pada pengutipan cukup nama belakang penulis pertama saja dituliskan diikuti et al. seperti:

Irianti et al. (2019) …… atau …… (Irianti et al., 2019)

Penulis Merupakan Lembaga atau Asosiasi: Pada pengutipan pertama dituliskan nama lengkap lembaga tersebut, kemudian pengutipan berikutnya namanya dapat disingkat.

Pengutipan pertama: (Food and Agriculture Organization, 2019)

Pengutipan berikutnya: (FAO, 2019)

Penulis Tidak Diketahui atau Anonim: Bila penulis tidak diketahui, dapat menulis cukup beberapa kata dari judul referensinya.

Bila referensi merupakan judul buku, brosur, atau laporan ditulis dengan huruf miring: (Teknologi hidroponik, 2019)

Bila referensi merupakan judul artikel, bab, atau website ditulis dengan menambahkan tanda kutip, seperti: (“Reference Management”, 2017)

Mengutip Penulis yang Sama dengan Banyak Referensi dalam Tahun yang Sama: Sumber-sumber ini ditambahkan huruf a, b, c, dan seterusnya di akhir angka tahun. Huruf ini mewakili urutan referensi yang dimaksud pada Daftar Pustaka. Penulisannya seperti:

… (Syahza, 2017a). … (Syahza, 2017b).

Mengutip Banyak Referensi pada Satu Kalimat: Nama belakang penulis diikuti tahun-tahun referensi yang dikutip. Urutkan tahun sesuai dengan urutan pada Daftar Pustaka, seperti:

Syahza (2015, 2017a, 2017b, 2019) …

… (Syahza, 2015, 2017a, 2017b, 2019).

… (Jones, 2008; Freeman, 2009; Syahza, 2019).

Pengutipan Referensi Sekunder:

Lorde (1980) dalam Syahza (2019) … atau … (Lorde, 1980, dalam Syahza, 2019)

 

Penulisan Referensi pada Daftar Pustaka dengan Format APA

Komponen inti dari penulisan Daftar Pustaka untuk artikel jurnal menggunakan format APA adalah sebagai berikut:

Nama belakang penulis, inisial. (tahun terbit). Judul artikel. Nama Jurnal, Nomor Volume(Nomor Issue), halaman. Alamat DOI atau Retrieved from URL

Penulisan nama penulis dimulai dari nama belakang diikuti inisial nama depan, dipisahkan oleh koma dan ditutup dengan titik, contohnya penulis dengan nama Almasdi Syahza menjadi “Syahza, A.”, penulis dengan nama tiga kata seperti Muhammad Nur Mustafa menjadi “Mustafa, M. N.”, sedangkan nama penulis dengan satu kata seperti Hapsoh cukup diketik “Hapsoh”. Bila ketiga nama penulis tersebut dalam satu sumber pustaka menjadi “Syahza, A., Mustafa, M. N., & Hapsoh”.

Penulisan referensi format APA sangat beragam berdasarkan tipe referensi yang dikutip pada naskah. Berikut beberapa contoh penulisannya.

Artikel Jurnal:

Asmit, B., & Koesrindartoto, D.P. (2015). Identifying the Entrepreneurship Characteristics of the Oil Palm Community Plantation Farmers in the Riau Area. Gadjah Mada International Journal of Business, 17(3), 219-236. https://doi.org/10.22146/gamaijb.8500

Evelyn, Saputra, E., Komalasari, & Utami, S. (2019). Community training in dishwashing-liquid soap making from waste cooking oil. Riau Journal of Empowerment, 1(2), 67-74. https://doi.org/10.31258/raje.1.2.9

Hapsoh, Gusmawartati, Amri, A.I., & Diansyah, A. (2017). Respons Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Cabai Keriting (Capsicum annuum L.) terhadap Aplikasi Pupuk Kompos dan Pupuk Anorganik di Polibag. Jurnal Hortikultura Indonesia, 8(3), 203. https://doi.org/10.29244/jhi.8.3.203-208

Syahza, A., Rosnita, Suwondo, & Nasrul, B. (2013). Potential Oil Palm Industry Development in Riau. International Research Journal of Business Studies, 6(2), 133-147. https://doi.org/10.21632/irjbs.6.2.133-147

 

Buku:

Syahza, A. (2015). Ekonomi Pembangunan: Teori dan Kajian Empirik Pembangunan Pedesaan. Pekanbaru, Indonesia: Universitas Riau Press

Todaro, M.P. (2000). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Jakarta, Indonesia: Erlangga

 

Bab (Chapter) atau Bagian dalam Buku:

Irianti, M. (2006). Pengaruh pemberian model hand-out dan gaya belajar mahasiswa terhadap hasil belajar gelombang. In A. Syahza, B. Nasrul, & N. Qomar (Eds.), Kumpulan Hasil Penelitian Unggulan Universitas Riau: Menuju Universitas Riset 2020 (pp. 92-94). Pekanbaru, Indonesia: Lembaga Penelitian Universitas Riau

 

Disertasi dan Tesis:

Syahza, A. (2004). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pedesaan melalui Pengembangan Industri Hilir Berbasis Kelapa Sawit di Daerah Riau (Doctoral dissertation). Universitas Padjajaran, Bandung, Indonesia

Zarei, R. (2017). Developing enhanced classification methods for ECG and EEG signals (Unpublished doctoral dissertation). Victoria University, Melbourne, Australia

 

Laman Internet:

Saputra, A. (2019, July 13). Pengarahan Keberangkatan Mahasiswa KKN Kebangsaan dan KKN Bersama UNRI oleh WR 3. Retrieved from https://lppm.unri.ac.id/pengarahan-keberangkatan-mahasiswa-kkn-kebangsaan-dan-kkn-bersama-unri-oleh-wr-3/

Syahza, A. (2014, June 24). Meningkatkan Daya Saing CPO dengan Penerapan ISPO. Retrieved from http://almasdi.staff.unri.ac.id/meningkatkan-daya-saing-cpo-dengan-penerapan-ispo/

 

Majalah:

Jaeger, J. (2010, August). Social media use in the financial industry. Compliance Week, 54

Setyawan, B. (2018, October). Ubi Jalar Makin Pulen. Trubus, 122-123

 

 

Koran:

Meier, B. (2013, January 1). Energy drinks promise edge, but experts say proof is scant. New York Times, p. 1. Retrieved from http://www.nytimes.com

Walid, R. (2016, Februari 4). Loyalitas vs Kepentingan Individu. Riau Pos, p. 12

 

Laporan Penelitian/Kegiatan:

Syahza, A., Suwondo, Bakce, D., Ernaputra, F.H., & Riadi, R.M. (2013). Kegiatan Tindak Lanjut Penghimpunan Data, Informasi Dana Bagi Hasil (DBH) Sektor Perkebunan (DBH CPO). Pekanbaru, Indonesia: Lembaga Penelitian Universitas Riau

 

Artikel yang Dipresentasikan pada Seminar/Conference (tidak dipublikasikan):

Indrawati, H. (2015, November). Implementasi Lesson Study sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Ekonomi di Kabupaten Kepulauan Meranti. Paper presented at Seminar Internasional Pendidikan Serantau ke-7, Pekanbaru, Indonesia

Zwolinski, M. (2009, September). Effects of study habits on scholastic achievement. Paper presented at the Third Semi-annual Meeting of the Anderson Society for Educational Measurement, San Diego, CA

 

Artikel yang Dipublikasikan pada Prosiding:

Untuk prosiding/seminar/conference/simposium online gantikan nama penerbit dan lokasi dengan alamat DOI. Bila tidak ada DOI dapat menggunakan URL-nya.

Irianti, M., Syahza, A., Asmit, B., Suarman, Riadi, R.M., Bakce, D., & Tampubulon, D. (2018). Peningkatan Pendapatan Masyarakat melalui Pemanfaatan Limbah Lidi Kelapa Sawit di Desa Sepahat Kabupaten Bengkalis. Paper presented at Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. Retrieved from https://conference.upnvj.ac.id/index.php/pkm/article/view/15

Novak, D., & Verber, D. (2015). Assessment of the influence caused by random events within a real-time strategy game engine on a game bot gameplay. Paper presented at the 8th Annual International Conference on Computer Games, Multimedia and Allied Technology. https://doi.org/10.5176/2251-1679_CGAT15.27

 

Prosiding seminar/conference yang dipublikasikan dalam bentuk buku (ISBN) mengikuti penulisan referensi buku.

Blakey, N., Guinea, S., & Saghafi, F. (2017). Transforming undergraduate nursing curriculum by aligning models of clinical reasoning through simulation. In R. Walker, & S. Bedford (Eds.), HERDSA 2017 Conference: Research and Development in Higher Education: Curriculum Transformation (pp. 25-37). Hammondville, NSW: Higher Education Research and Development Society of Australasia.

 

Sedangkan artikel seminar/conference yang diterbitkan pada jurnal atau dalam terbitan berkala seperti conference series penulisan referensinya mengikuti cara penulisan referensi artikel jurnal.

Bakce, D., Syahza, A., & Asmit, B. (2019). Pembangunan Ekonomi Wilayah Perbatasan Antar-Negara di Provinsi Riau. Unri Conference Series: Agriculture and Food Security, 1, 182-189. https://doi.org/10.31258/unricsagr.1a24

 

---

 

PENYERAHAN NASKAH

Naskah untuk dipublikasikan di Jurnal Sorot ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dan sesuai dengan pedoman penulisan. Penyunting tidak akan menerima naskah yang tidak sesuai dengan ketentuan ini.

Jurnal Sorot telah menggunakan pengelolaan penerbitan naskah ilmiah berbasis Open Journal System. Naskah yang diterima oleh penyunting dalam format Microsoft Office Word (*.docx). Penulis menyerahkan naskah dengan mengunggah (upload) file tersebut secara daring di website SOROT.

Video tutorial submit naskah online: https://youtu.be/Eg0N8ljT6AY 

Naskah yang telah melewati seleksi dari dewan penyunting selanjutnya akan melalui proses peer-review. Penulis diberi kesempatan untuk merevisi artikelnya bila ada saran perbaikan dari reviewer. Naskah akan diterbitkan pada Jurnal SOROT setelah dinyatakan layak untuk di-publish oleh dewan penyunting.

Untuk informasi lebih lanjut terkait teknis penyerahan naskah dapat menghubungi redaksi melalui email jurnalsorot@gmail.com

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Naskah yang diserahkan belum pernah dipublikasikan ataupun dikirim ke penerbit lain. Naskah juga tidak akan diajukan ke penerbit lain selama proses review di Jurnal Sorot.
  2. Naskah telah mengikuti penulisan ilmiah yang baik sesuai panduan penulis yang ditetapkan oleh Jurnal Sorot. File yang diserahkan sudah dalam format Microsoft Word.
  3. Naskah yang diserahkan merupakan karya orijinal penulis dan tidak merupakan hasil plagiarisme.
  4. Naskah yang diserahkan merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dengan benar. Penulis sepenuhnya bertanggung jawab terhadap konten naskah. Konten tidak bertujuan untuk merugikan individu atau suatu institusi.
  5. Penulis bersedia mengikuti etika publikasi dan menjalani proses penyuntingan dan peninjauan terhadap naskah hingga final decision.
  6. Artikel yang dipublikasikan dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak kepada SOROT untuk menerbitkannya pertama kali. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.

 

Pernyataan Privasi

Nama, alamat, email, dan kontak lainnya yang dimasukkan dalam naskah ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan publikasi artikel dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain atau diberikan kepada pihak lain.