Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Sorot menerbitkan artikel bidang ilmu sosial dan ekonomi seperti berikut, namun tidak terbatas pada:

  • Sosial Ekonomi
  • Ekonomi Kreatif
  • Ekonomi Pembangunan
  • Pemasaran
  • Sosial Politik
  • Manajemen
  • Kebijakan Publik
  • Akuntansi
  • Keuangan
  • e-commerce
  • Bisnis Internasional
  • Kewirausahaan

 

Kebijakan Bagian

Articles

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Semua naskah yang dikirim dibaca oleh dewan editor. Setiap naskah dievaluasi oleh dewan editor dan bila tidak sesuai kriteria, syarat, dan ketentuan jurnal akan segera ditolak tanpa melalui proses peer review. Naskah yang telah sesuai dilanjutkan ke proses double-blind peer-review. Dewan editor kemudian membuat keputusan berdasarkan rekomendasi peer reviewer dengan kemungkinan: ditolak, perlu revisi besar, perlu revisi kecil, atau diterima.

Editor SOROT memiliki hak untuk memutuskan naskah yang diterbitkan pada jurnal.

Review Process:

  1. Penulis menyerahkan naskah (submissions)
  2. Evaluasi naskah oleh Dewan Editor
  3. Proses Double-blind peer review
  4. Keputusan Editor
  5. Konfirmasi ke penulis
Selengkapnya informasi mengenai proses publikasi naskah melalui sistem elektronik dapat mengaksesnya pada tautan ini.

 

Frekuensi Penerbitan

SOROT diterbitkan secara berkala 2 kali dalam setahun pada April dan Oktober.

 

Kebijakan Akses Terbuka

SOROT memberikan akses terbuka (open access) kepada naskah yang dipublikasikan. Kebijakan ini berdasarkan prinsip bahwa hasil penelitian tersedia bebas untuk publik dan pengelola SOROT mendukung penyebarluasan dan pertukaran pengetahuan global.

 

Pengarsipan

Jurnal ini menggunakan GARUDA oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia sebagai sistem pengarsipan digital dan mengizinkan jasa ini untuk membuat arsip jurnal yang permanen bertujuan untuk pelestarian dan restorasi dokumen jurnal. Selain itu jurnal ini megarsipkan artikel yang dipublikasikan di Perpustakaan Universitas Riau.

 

Biaya Pemrosesan Artikel

SOROT mengenakan biaya pengolahan artikel (article processing charges) berupa:

Article Submission: IDR 0.00   (Merupakan Biaya Penyerahan Artikel sebagai bagian dari kontribusi penulis dalam proses peninjauan artikel)

Article Publication: IDR 0.00   (Merupakan biaya publikasi artikel bila telah lolos proses peninjauan (review) dan selesai penyuntingan untuk selanjutnya diterbitkan dalam versi online atau cetak)

 

SOROT tidak mengenakan biaya penyerahan artikel maupun publikasi kepada penulis. Segala biaya tersebut ditanggung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau sebagai penerbit jurnal ini. Kami tidak ingin biaya-biaya ini menghambat publikasi artikel yang layak disebarluaskan ke khalayak ramai.

 

Pemeriksaan Plagiarisme

Naskah yang dikirimkan akan diperiksa terkait plagiarisme menggunakan Turnitin (aplikasi similarity check) sebelum dikirim ke reviewer. Editor tidak akan memproses konten yang mengandung unsur plagiarisme.

 

Pengarsipan Mandiri oleh Penulis

Jurnal ini mengizinkan dan mendorong penulis untuk menempatkan artikel di situs pribadi ataupun repositori institusi setelah dipublikasikan dengan memberikan daftar pustaka yang lengkap terkait penerbitannya pada jurnal ini.