Analisis Efisiensi Produksi Usahatani Kelapa di Kecamatan Pulau Burung Kabupaten Indragiri Hilir

Nova Sri Aumora, Djaimi Bakce, Novia Dewi

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efisiensi produksi usahatani kelapa. Pada penelitian digunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA), yang merupakan metode non parametrik berbasis pada Linear Programming. Hasil survei menunjukkan bahwa usahatani kelapa di Kecamatan Pulau Burung belum menggunakan teknik budidaya sesuai standar. Sebagian besar usahatani kelapa tidak menggunakan pupuk dan pestisida. Begitu juga dengan aktivitas pemeliharaan tanaman relatif tidak dilakukan dengan baik, seperti pembersihan lahan dan pembumbunan. Aktivitas usahatani yang aktif dilakukan hanyalah pemanenan dan penanganan pasca panen. Berdasarkan analisis efisiensi produksi dapat disimpulkan bahwa: Pertama, sebagian besar usahatani kelapa tidak efisien secara teknis, ditunjukkan oleh penggunaan tenaga kerja yang sudah melebihi dari kapasitas yang seharusnya. Kedua, sebagian besar usahatani kelapa juga tidak efisien secara alokatif, ditunjukkan oleh harga input yang dibayar petani lebih besar dari harga output yang mereka terima. Ketiga, sebagian besar usahatani kelapa yang tidak efisien secara teknis dan alokatif, mengindikasikan sebagian besar usahatani kelapa tidak efisien secara ekonomi. Untuk mewujudkan usahatani kelapa yang efisien secara ekonomi, maka perlu intervensi pemerintah untuk memotivasi petani agar melakukan usahatani kelapa sesuai dengan rekomendasi teknik budidaya kelapa. Disamping itu perlu upaya pengendalian harga input dan peningkatan harga output. Mengingat struktur pasar yang bersifat monopsoni mengakibatkan harga kelapa yang diterima petani lebih rendah dari yang seharusnya.

Kata Kunci


Usahatani Kelapa; Efisiensi Produksi; Coconut farming; Production Efficiency

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiningsih, Sri. 1991. Ekonomi Mikro. BPFE Yogyakarta, Yogyakarta.

Agung, I Gusti Ngurah, N. Haidy A. Pasay, Sugiharso. 1994. Teori Ekonomi Mikro. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Badan Pusat Statistik Indonesia. 2013. Statistik Indonesia. Biro Pusat Statistik, Jakarta.

Badan Pusat Statistik Provinsi Riau. 2014. Riau DalamAngka 2013. Badan Pusat Statistik Provinsi Riau, Pekanbaru.

Bakce, D., dan S. Hadi. 2015. Model Pengembangan Agribisnis Kelapa Terpadu di Kabupaten Indragiri Hilir. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional dan Peluncuran Buku Memperingati 70 Tahun Prof. Bungaran Saragih: Kristalisasi Paradigma Agribisnis dalam Pembangunan Ekonomi dan Pendidikan Tinggi. Diselenggarakan oleh PERHEPI Bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor pada Tanggal 18 April 2015 di Bogor.

Coelli, T.J. and G.E. Battese. 1993. A Sthokastic Frontier Production Function Incorporating a Model for Technical Ineficiency Effects. Working Paper in Econometrics and Applied Statstics Departement of Econometric. University of New England, NSW 22.

Coelli, TJ., DSP Rao, dan G.E. Battese. 1998. An Introduction to Efficiency and Productivity Analysis. Kluwer Academic Publisher, London.

Eliza, S. Tarumun, dan Yusmini. 2010. Pengaruh Faktor Produksi Terhadap Produksi Kelapa Hibrida Pola Plasma di Kabupaten Indragiri Hilir. Indonesia Journal of Agricultural Economic (IJAE) 1(1): 55-69.

Farrel, M. J. 1957. The Measurement of Productive Efficiency. Journal of Royal Statistic Society, Series A: 53-81.

Marjelita, L. 2015. Analisis Efisiensi Produksi Petani Padi Peserta Operasi Pangan Riau Makmur di Kabupaten Kampar. Tesis Fakultas Pertanian Universitas Riau, Pekanbaru.

Risandewi, T. 2013. Analisis Efisiensi Produksi Kopi Robusta di Kabupaten Temanggung (studi kasus di Kecamatan Candiroto). Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah 11(1): 87-102.

Shinta, A. 2005. Ilmu Usahatani. Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya press, Malang.

Sinungan, Muchdarsyah. 1997. Produktivitas: apa dan bagaimana. Bumi Aksara, Jakarta.

Soekartawi, 2001. Agribisnis, Teori dan Aplikasinya, Cetakan ke-6, PT. Grafindo Persada, Jakarta.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian Teori dan Aplikasi. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Soekartawi. 2003. Teori Ekonomi Produksi. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sukirno, Sadono. 2005. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Grafindo Persada, Jakarta.

Sumarsono, Sonny. 2007. Ekonomi Mikro: Teori dan Latihan. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Susantun, I. 2000. Fungsi Keuntungan Cobb-Douglas dalam Pendugaan Efisiensi Ekonomi dan Relatif. Jurnal Ekonomi Pembangunan 5(2): 149-161.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.11.1.47-59

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.