PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Rumah Sakit Di Pekanbaru)

Faizah Kamilah, Taufeni Taufik, Edfan Darlis

Sari


Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh partisipasianggaran terhadap kinerja manajerial dengan komitmen organisasidan gaya kepemimpinan sebagai variabel moderating pada RumahSakit di Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah 21 RumahSakit pada Kota Pekanbaru. Pengumpulan data dilakukan dengancara membagikan kuesioner kepada 84 responden, dan hanya 80kuesioner yang dapat digunakan dalam penelitian ini. Metode analisisdata yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi penyusunananggaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial.Komitmen organisasi dapat memoderasi pengaruh partisipasianggaran terhadap kinerja manajerial. Gaya kepemimpinanberorientasi tugas dapat memoderasi pengaruh partisipasipenyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial. Gayakepemimpinan berorientasi hubungan dapat memoderasi pengaruhpartisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial. Hasilkoefisien determinasi untuk hipotesis pertama sebesar 69%, hipotesiskedua sebesar 65%, hipotesis ketiga sebesar 64%, dan hipotesiskeempat sebesar 65%. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabelseperti seperti wewenang, kecukupan anggaran, budaya organisasi,komitmen tujuan anggaran, desentralisasi, locus of control dan lainlain.


Kata Kunci


Kata Partisipasi Penyusunan Anggaran; Komitmen Organisasi; Gaya Kepemimpinan Berorientasi Tugas; Gaya Kepemimpinan Berorientasi Hubungan; Kinerja Manajerial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anthony, Robert N. dan Govindanrajan, Vijay. (Alih bahasa oleh: Kurniawan Tjakrawala dan Krista), 2005. Sistem Pengendalian Manajemen. Edisi 1. Jakarta. Salemba Empat.

Bambang Sardjito dan Osmad Muthaher. 2007. Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah : Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating. Simposium Nasional Akuntansi X. Makasar.

Brownell, P. dan McInnes, M., 1986. Budgetary Participation, Motivation, and Manajerial Performance. The Accounting Review, 61 (4)

Chong, Vincent K. dan Kar Ming Chong, 2002. Budget Goal Commitment and Informational Effects of Budget Participation on Performance”: Astructural Equation Modeling Approach, Behavioral Research in Accounting. USA.

Daft, Richard L, 2010. Era Baru Manajemen. Buku 2. Edisi 9. Jakarta. Salemba Empat.

Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro. Semarang.

Govindarajan V, 1986. Impact of Participation in The Budgetary Process on Managerial Attitudes and Performance. Universalistic and Contigency Perspective. Decision Sciences 17. Hal. 496-516.

Indra, Bastian. 2005. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta. BPFE.

Lubis, Arfan Ikhsan. 2010. Akuntansi Keperilakuan. Jakarta. Salemba Empat.

Mahoney, T. A, Jerdee and S.J Carroll. 1963. Development of managerial performance. A Research Approach. Cincinnati. Ohio: South Western Publishing Co.

Milani, Ken, 1975. The Relationship of Participation in Budget Setting to Industrial Supervisor Performance and Attitudes : A Field Study, The Accounting Review.

Nor, Wahyudin, 2007. Desentralisasi dan Gaya Kepemimpinan Sebagai Variabel Moderating Dalam Hubungan Antara Partisispasi Penyusunan Anggaran dan Kinerja Manajerial. Simposium Nasional Akuntansi X. Makasar.

Ridwan dan Sunarto, 2010. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung. Alfabeta.

Sumadiyah dan Susanta. 2004. Job Relevant Information (JRI) dan Ketidakpastian Lingkungan dalam Hubungan Partisipasi Anggaran dan Kinerja Manajerial. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia.

Sumarno, J. 2005. Pengaruh Komitmen Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Hubungan antara Partisipasi Anggaran dan Kinerja Manajerial. Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo.

Supriyono, R.A. 2005. Pengaruh Komitmen Organisasi, Keinginan Sosial, dan Asimetri Informasi terhadap Hubungan Antara Partisipasi Penganggaran dengan Kinerja Manajer. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia.

Thoha, Miftah, 2008. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Vincent K, Chong dan Dareen M. Jhonson, 2007. Testing A Model of The Antecendents nad Consequences of Budgetary Participation on Job Performance. Accounting and Business Research, 37 (1). hal: 3-19




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.8.2.105-119

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.