PEMETAAN KEMAMPUAN GURU PAUD DALAM MELAKSANAKAN ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI KOTA PEKANBARU

Ria Novianti, Enda Puspitasari, Daviq Chairilsyah

Sari


Asesmen perkembangan anak usia dini merupakankegiatan yang penting dilakukan untuk mengumpulkan danmenganalisis data mengenai perkembangan anak yang selanjutnyaakan digunakan untuk kebutuhan pembelajaran di PAUD. PendidikPAUD yang berlatar belakang pendidikan S1 wajib memilikikompetensi pedagogis dalam melaksanakan kegiatan asesmenini.Namun pada kenyataannya masih terdapat kelemahan dari segipengetahuan dan pelaksanaan asesmen dari pihak pendidikmaupun lembaga PAUD. Untuk itu penelitian ini dilaksanakandengan tujuanmemetakan permasalahan-permasalahan dalampelaksanaan asesmen perkembangan anak usia dini di KotaPekanbaru, dan kemudian diperoleh hasil sebagai berikut: 1)kemampuan pendidik PAUD dalam mencatat kejadian di kelas atauperilaku anak secara rinci tergolong rendah (56,6%), 2) dukunganlembaga PAUD terhadap pelaksanaan asesmen perkembangananak usia dini tergolong rendah bila dibandingkan dengan aspeklainnya (60,3%), terutama dalam menyediakan format khususasesmen dan memberi arahan mengenai cara melakukan penilaianperkembangan anak bagi pendidik, 3) masih ada pengelola PAUDyang tidak memahami pelaksanaan asesmen perkembangan anakusia dini sehingga tidak mendorong dan mengevaluasi kinerjapendidik dalam mengases anak di lembaga PAUD. Berdasarkanhasil pemetaan tersebut perlu dilakukan pelatihan asesmen bagipara pendidik PAUD, juga monitoring dan evaluasi oleh pengelolaPAUD untuk meningkatkan kualitas asesmen perkembangan anakusia dini.


Kata Kunci


Asesmen; perkembangan anak usia dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita Yus. 2005. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Refika Aditama.

Cartwright, Carol A., Carwright, G.Phillip. 1984. Developing Observation Skills. New York: McGraw-Hill.

Feeniy, Stephanie., Christensen, Doris., Moravcik, Eva. 2006. Who Am I in Lives of Children?Seventh Edition. Canada: Merril Prentice Hall.

Friend, Marilyn. 2005. Special Education: Contemporary Perspective for School Professionals. United States of America: Pearson Education.

Gronlund, Gaye. Engel, Bev. 2001. Focused Portofolio. Washington: Redleaf Press.

Kasinah Ahmad., Hikmah. 2005. Perlindungan dan Pengasuhan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Lerner, Richard M. 1976. Concept and Theories of Human Development. Canada: Addison-Wesley Publishing Company.

Nilsen, Barbara Ann. 2004. Week by Week, Documenting The Development of Young Children. Clifton Park: Thomson Delmar Learning.

Pucket, Margaret B., Diffily, Deborah. 2004. Teaching Young Children, An Introduction to The Early Childhood Profession. Canada: Thomson Delmar Learning.

Ria Novianti. 2012. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Pekanbaru: UR Press.

Rich, Dorothy. 2008. Suksesuntuk Anak-anak Prasekolah. Jakarta: PT. Indeks.

Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutjihati Somantri. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Wortham, Sue C. 2005.Assessment in Early Childhood Education. New Jersey: Pearson Education.

Wenar, Charles. 1999. Developmental Psychopathology : From Infancy Through Adolescent. New York:McGraw Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.8.1.95-104

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.