Analisis Efektivitas Penerapan Akuntabilitas dalam Pelayanan Perpajakan Sebagai Salah Satu Unsur Good Governance pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tanjung Priok

Budi Haryanto, Resista Vikaliana, Munir Saputra

Sari


Akuntabilitas merupakan syarat terhadap terciptanya penyelenggaraan pemerintahan yang baik, demokratis dan amanah (good governance). Pada penelitian ini membatasi hanya unsur akuntabilitas. Sehingga, penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan akuntabilitas dalam pelayanan perpajakan sebagai salah satu unsur good governance pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Sunter, kemudian menganalisis entitas pendorong penerapan akuntabilitas dalam pelayanan perpajakan sebagai salah satu unsur good governance, serta menganalisis entitas penghambat penerapan akuntabilitas dalam pelayanan perpajakan sebagai salah satu unsur good governance.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akuntabilitas sebagai salah satu unsur good governance pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tanjung Priok cukup baik berdasarka dimensi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman.  Entitas pendorong dalam penerapan akuntabilitas yaitu pengkinian pengolahan dan pelaporan data, sumber daya yang handal dan memadai, mengikuti peraturan, morallitas pegawai, etikad wajib pajak dalam melaporkan perpajakannya serta bekerja dengan ikhlas dan jujur agar tidak adanya praktik korupsi.  Sedangkan entitas penghambat dalam penerapan akuntabilias yaitu kurangnya sumber daya, gangguan pada system informasi, etika Wajib Pajak yang masih sangat diharapkan dalam menjalankan kewajiban perpajakannya, dan praktik korupsi.

Kata Kunci


tax services; good governance; accountability

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


https://www.kemenkeu.go.id/media/6313/laporan-kinerja-kemenkeu2016.pdf

https://www.kemenkeu.go.id/media/7423/laporan-kinerjakementerian-keuangan-2017.pdf

https://www.pajak.go.id/sites/default/files/201905/LAKIN%20DJP%202

pdf

Siti Maryam Neneng (2016). Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik. Ejournal Ilmu Politik dan Komunikasi, Vol 6, No 1.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.18.3.215-234

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.