Model Usahatani Biofortifikasi Berbasis Ekonomi Kreatif Guna Pencegahan Stunting di Desa Kuala Dua

Hery Medianto Kurniawan, Ellyta Ellyta, Donna Youlla

Sari


Kegiatan usahatani biofortifikasi di Desa Kuala Dua diharapkan dapat berlangsung secara berkesinambungan. Keberlangsungan ini dapat dilakukan apabilan semua ide usahatani biofortifikasi diawali dari ide kreatif para petani. Model yang dihasilkan dari penelitian ini adalah ide kreatif petani yang akan melibatkan konteks, perubahan dan keragaman, dimana semua itu harus didukung oleh industri, lembaga keuangan, sumber daya, kelembagaan dan teknologi dengan mempertimbangkan pertimbangan teknis, ekonomi, sosial dan lingkungan, serta ketepatan sarana dan prasarana pertanian biofortifikasi, mulai dari ketepatan jenis, sasaran, harga, waktu, tempat dan kualitas. Semua ini secara holistik harus dibawah pengawasan pemerintah, pengusaha dan kaum intelektual. Model ini diharapkan akan berdampak pada pencapaian indeks pertanaman padi sebesar 300 dengan rata-rata produksi antara 6 ton hingga 7 ton per hektar. Hasil dari usahatani biofortifikasi ini akan menghasilkan beras yang kaya akan unsur zink yang diperuntukkan untuk pencegahan stunting di Desa Kuala Dua.

Kata Kunci


model; farming; biofortification; economic; creative

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chairuman, N., Batubara, S. F., Aryati, V., Jonharnas, J., & Helmi, H. (2022). Peluang Pengembangan Inpari IR Nutri Zinc dan Perbenihan Padi di Sumatera Utara. Agrikultura, 33(3), 390. https://doi.org/10.24198/agrikultura.v33i3.41739.

Departemen Perdagangan R.I. (2018). Pengembangan Ekonomi Kreatif 2025. Jakarta: Departemen Perdagangan.

Direktorat Serelia, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian. (2022). Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Budidaya Padi Kaya Gizi (Biofortifikasi) Tahun 2022. Ditektorat Serelia, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, Jakarta.

Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Priyarsono, D., & Hermansah, T. (2014). Membingkai Pertanian Dengan Ekonomi Kreatif : Suatu Telaahan Eksploratif. June, 0–11. Orange Book, Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.18.3.202-213

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.