Peran Desain Komunikasi Visual dan Promosi Terhadap Produk UMKM Salapak Microshop Bandung

Amanda Faradina Azahra, Dewi Isma Aryani, Saskia Putri Agustine

Sari


Persaingan ekonomi global antara pasar di dalam negeri yang semakin ketat menjadi ancaman tersendiri bagi UMKM. Perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia masih terkendala oleh beberapa hal, terutama promosi dan visualisasi produk yang dinilai masih kurang mampu bersaing dengan produk lainnya.  Pusat UMKM Bandung atau biasa disebut Salapak Microshop menjadi satu-satunya lembaga resmi yang mewadahi para pelaku bisnis UMKM melalui kerjasama Dinas Koperasi UMKM Kota Bandung dan Koperasi SiMaung yang bertujuan membantu meningkatkan kemajuan UMKM. Namun, Salapak Microshop masih belum dikenal luas oleh masyarakat Bandung dan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekurangan promosi yang dijalankan Salapak Microshop ditinjau dari ilmu periklanan kreatif dan desain komunikasi visual. Pendekatan penelitian secara kualitatif dilakukan berdasarkan studi kasus Salapak Microshop itu sendiri melalui pengumpulan data lapangan dan studi literatur pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi AISAS merupakan metode pemasaran produk yang dapat memicu ide-ide kreatif melalui penggunaan media visual yang sesuai dengan kebutuhan Salapak Microshop untuk dapat meningkatkan penjualan produk-produk UMKM di dalamnya.


Kata Kunci


AISAS; visual communication design; creative advertising; promotion; salapak microshop; MSMEs

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, M. (2020). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global. MBIA, 19(3), 293-308. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i3.1167.

Aryani, D. I., Mulyadi, R. H., & Setiawan, H. (2023). Attention, Interest, Search, Action, and Share Method as a Sales Promotion Strategy for Indonesian Public Figure Food Products through Creative Advertising. Proceeding of International Conference on Business, Economics, Social Sciences, and Humanities, 5, 19–27. https://doi.org/10.34010/icobest.v3i.114.

Belch, G. E., Belch, M. A., Kerr, G., Powell, I., & Waller, D. (2020). Advertising: An Integrated Marketing Communication Perspective, 4th edition. Sydney: McGraw-Hill Education (Australia) Pty Ltd.

Callista, J., & Aryani, D. I. (2023). Penerapan Desain Produk Purple Goods dengan Pendekatan Strategi Diferensiasi. DIVAGATRA - Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 3(1), 71-80. https://doi.org/10.34010/divagatra.v3i1.9019.

Candra, M. F. (2022). Efektivitas Youtube Sebagai Media Promosi Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Unpas. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 231-236. https://doi.org/10.23969/linimasa.v5i2.5683.

Hananto, B. A. (2022). DESAIN VERNAKULAR DARI POSTER “THE DIVA IS DISMISSED” OLEH PAULA SCHER. Jurnal Titik Imaji 5(2), 115-123. https://doi.org/https://doi.org/1390/Imaji.v10i1.793.

Limanseto, H. (2022, October 1). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapat-kan-dukungan-pemerintah.

Lubis, M., Dalimunthe, D., Hutagalung, B., & Lubis, A. (2022). Strategi omnichannel marketing & keberlanjutan bisnis e-commerce melalui karakter dan mindset UMKM selama pandemi COVID-19 di Kota Medan. SOROT, 17(2), 105-116. doi:http://dx.doi.org/10.31258/sorot.17.2.105-116.

Nabil, M., Sugandi, Ghufron. (2021). PENGGUNAAN FITUR INSTAGRAM STORIES SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @GRIIZELLE.ID). eJournal Ilmu Komunikasi, 9(3), 16-30.

P. Kotler, P. & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, 17th edition, Harlow: Pearson Education.

Puspasari, N. (2018). Pengaruh Efektivitas Promosi Above The Line Dan Below The Line. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 3(1), 313-320. http://dx.doi.org/10.36226/jrmb.v3i3.150.

Putra, F. D., & Aryani, D. (2022). Perancangan Media Promosi Wisata Taman Nasional Baluran Situbondo. DIVAGATRA - Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 2(1), 108-119. https://doi.org/10.34010/divagatra.v2i1.6236.

Santoso, J. T. (2021, December 18). Komunikasi Bisnis Di Media Sosial. https://kewirausahaan-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/Komunikasi-Bisnis-di-Media-Sosial/55ad3739b5bd7c00144c2158aedc1e77bf2a5d13.

Suminar Ayu, A., Haryono, N., Hastjarjo, S., Arzil, A. P. A., & Widyantoro. (2023). The Role of Outdoor Media and "Solo Berseri" Magazine in Enhancingthe Effectiveness of Surakarta Municipal Program Promotion. Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), 5(1Sp), 49–67. DOI: https://doi.org/10.34306/att.v5i1Sp.315.

Sugiyama, K., Andree, T. & The Dentsu Cross Switch Team. (2011). The Dentsu Way: Secrets of Cross Switch Marketing from The World’s Most Innovative Advertising Agency. USA: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian KOMBINASI (Mixed Methods). Bandung: ALFABETA.

Tinarbuko, S. (2015). DEKAVE Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.18.3.235-249

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.