Anomali Peran Struktur Masyarakat Desa Gadingkulon dalam Pengembangan Wisata Kebun Rojo Camp

Alya Muflihatud Dini, Adistya Eka Sis Ardiansyah, Ahmad Tirtho Faidl Huda, Erla Dwi Nanda Suryani Putri, Nia Lestari, Titis Titis

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potret peran struktur masyarakat desa Gadingkulon serta mengetahui implementasi teori fungsionalisme struktural pada pengembangan wisata Kebun Rojo Camp. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, informan berjumlah 5 orang dipilih menggunakan teknik snowball sampling. Pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur, observasi, dokumentasi serta studi literatur yang relevan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, kemudian dilanjutkan dengan uji validitas data melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat anomali (disfungsi) peran struktur masyarakat dalam pengembangan wisata Kebun Rojo Camp yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya partisipasi masyarakat setempat dalam pengambilan keputusan, minimnya keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan wisata, kurangnya akses terhadap informasi dan sumber daya yang dibutuhkan serta adanya perbedaan kebijakan antara pengelola wisata dengan pihak desa. Dampak dari adanya anomali peran struktur masyarakat yaitu terhambatnya pengembangan potensi wisata Kebun Rojo Camp. Oleh karena itu, perlu upaya untuk meningkatkan peran masyarakat dan lembaga desa dalam pengembangan wisata, sehingga potensi yang ada di Kebun Rojo Camp dapat dimanfaatkan dengan baik.

Kata Kunci


anomaly; community structure; tour; rojo camp gardens

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, W. P. (2020). Pengembangan Objek Wisata Berbasis Masyarakat (Studi Deskriptif Tentang Pemetaan Peran Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kampung Lawas Maspati Surabaya) [Phd Thesis]. Universitas Airlangga.

Fidaus, F., Arifin, J., & Safitri, A. A. (2023). Partisipasi Sosial Masyarakat Dalam Pengembangan Kawasan Wisata Tongke-Tongke Kabupaten Sinjai. Padaringan (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 5(01), 28–37.

Hairunisya, N.-, Anggreini, D., & W.H, M. A. S. (2020). Pemberdayaan Di Sektor Pariwisata Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(4), 241. Https://Doi.Org/10.24114/Jpkm.V26i4.20646

Herdiana, D. (2019). Peran Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat. Jurnal Master Pariwisata (Jumpa), 6(1), 63–86.

Hutagalung, S. S., & Hermawan, D. (2021). Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Objek Wisata Di Lampung Selatan. Sosiohumaniora, 23(1), 124–132.

Jeruma, G. (2022). Menentukan Arahan Pengembangan Sarana Dan Prasarana Penunjang Desa Wisata Wae Rebo Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur [Phd Thesis]. Itn Malang.

Kurniawan, A. R. (2020). Tantangan Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat Pada Era Digital Di Indonesia (Studi Kasus Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat Di Pangalengan). Tornare: Journal Of Sustainable And Research, 2(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.24198/Tornare.V2i2.25418

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1), 3–4.

Palimbunga, I. P. (2018). Keterlibatan Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata Di Desa Wisata Tabalansu, Papua. Jurnal Master Pariwisata (Jumpa), 5(01), 193–210.

Rifatussoliha, I. R., Abdy, K., Muhfiatun, M., & Wahid, A. (2020). Pengembangan Wisata Bahari Di Pulau Raas Dalam Rangka Menggerakkan Perekonomian Lokal. Journal Of Dedicators Community, 3(3), 22–36. Https://Doi.Org/10.34001/Jdc.V3i3.1036

Sari, D. P. (2018). Apakah Ada Peranan Aktivitas Wisata Dalam Peningkatan Ekonomi Daerah Di Kota Bogor ? 5.

Suryadi, S. (2022). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Objek Wisata Danau Bungara (Studi Di Desa Danau Bungara Kecatamatan Kota Baharu Kabupaten Aceh Singkil). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 7(2).

Susanti, R., & Pinasti, V. I. S. (2021). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Wisata Berbasis Kearifan Lokal Di Desa Wisata Kampoeng Dolanan Jamus Kauman. E-Societas, 10(2).

Turama, A. R. (2020). Formulasi Teori Fungsionalisme Struktural Talcott Parsons. Eufoni: Journal Of Language, Literary And Cultural Studies, 2, 58–69.

Wibowo, S., Rusmana, O., & Zuhelfa, Z. (2017). Pengembangan Ekonomi Melalui Sektor Pariwisata Tourism. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 1(2), 83–89. Https://Doi.Org/10.34013/Jk.V1i2.13




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.19.1.1-13

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.