Pengaruh Kompetensi, Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus pada Penyuluh Pertanian di Kabupaten Sikka)

Selfianus Selfianus, Marsudi Lestariningsih, Budi Satrio

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi, kompensasi, lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja penyuluh pertanian di Kabupaten Sikka dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening pada penyuluh pertanian di Kabupaten Sikka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan yang menjadi sampel adalah seluruh penyuluh pertanian ASN di Kabupaten Sikka berjumlah 50 orang. Data dikumpulkan melalui kuisioner dan dianalisis menggunakan metode deskriptif dan path analysis. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa kompetensi, kompensasi, lingkungan kerja, motivasi dan kinerja penyuluh berada pada kriteria baik. Hasil analisis jalur menunjukan bahwa kompetensi, kompensasi, lingkungan kerja dan motivasi kerja berpengaruh positif dan tidak sgnifikan terhadap kinerja penyuluh pertanian dan motivasi kerja mampu memdiasi hubungan kompetensi, kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja penyuluh pertanian.


Kata Kunci


competence; compensation; work environment; work motivation; performance

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina heryati (2016), Pengaruh kompensasi dan beban kerja terhadap loyalitas karyawan di departemen operasi PT. Pupuk sriwidjaja palembang, jurnal Ecoment Global, ISSN : 2540-816X Volume 1 Nomor 2.

Anggraini, D. (2018). Pengaruh Kompetensi, Pelatihan dan Pengembangan terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi sebagai Variabel Mediasi di Lembaga Pendidikan Perkebunan Yogyakarta. Tesis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Basori, M. A. N., Prahyawan, W. dan Kamsin, D. (2017). Pengaruh Kompetensi Karyawan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT Krakatau Bandar Samudera), Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 1(2), 149–158.

Candradewi, I. dan Dewi, I. G. A. M. (2019). Effect of compensation on employee performance towards motivation as mediation variable, Internationalresearch journal of management, IT and social sciences, 6(5), 134–143.

Dwiatmadja, C. (2021). Orchestra, PT Elex Media komputindo, Jakarta.

Dwi, F.Y. (2016). Pegaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja yang Dimedasi oleh Motivasi Kerja pada Karyawan RRI Cirebon, UPN Veteran Yogyakarta.

Kasiyanto. (2019). Pengaruh Kompetensi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Dimediasi oleh Motivasi Kerja Pada Tenaga Pendidik Politeknik Angkatan Darat, Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 20(1), 1411–5794.

Meutia, Sari, I. dan Ismail, T. (2016). Pengaruh Kompensasi dan Kompetensi dengan Motivasi Sebagai Intervening Dalam Meningkatkan Kinerja, Jurnal Manajemen, 20(3), 353–369.

Mohtar, I. (2019). Hubungan antara Motivasi Kerja dan Pengalaman Kerja dengan Kinerja Guru Madrasah. Uwais Inspirasi Indonesia.

Mundakir, M dan Zainuri, M. (2018). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi TerhadapKinerja Pegawai Negeri Sipil di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Rembang dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening, BMAJ: Business Management Analysis Journal, 1(1), 37–48.

Priansa, J. D. (2016). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Alfabeta CV, Bandung.

Sari, F. P. dan Aziz, N. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Yang Dimediasi Oleh Motivasi Kerja Karyawan Rocky Plaza Hotel Padang. 1–18. https://doi.org/10.31219/osf.io/m8pn3.

Sedarmayanti, 2012, Manajemen dan Komponen Terkait Lainnya, Bandung: Refika Aditama.

Setiawan, K. C. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Level Pelaksana di Divisi Operasi Pt. Pusri, Psikis-Jurnal Psikologi Islami, 1 (2). Palembang.

Simatupang, S. dan Silalahi, M. (2019). Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Guru SMA Sultan Agung Pematangsiantar, Jurnal Mitra Manajemen, 3(4).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D: CV. Alfabeta Bandung.

Sunyoto, D. (2015). Penelitian Sumber Daya Manusia: PT Buku Seru.Yogyakarta.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Kencana Prenada Media Group.Jakarta.

Ulfatin N. dan Teguh, T. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan: Raja Grafindo Persada.Jakarta

Wardayana, A. E. dan Yudistiro, I. A. (2018). Kompetensi, Motivasi dan Kepuasan yang Berdampak Pada Kinerja Tenaga Keperawatan, Jurnal Sainstech, 5(2), 8–15.

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja, Edisi Kelima: Salemba Empat. Jakarta

Winardi. (2011). Motivasi Pemotivasian dalam Manajemen: Grafindo Persada.Jakarta.

Wirawan. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia: PT Raja Grafindo Persada.Jakarta.

Wulandari, A. (2018). Pengaruh Kompensasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi oleh Motivasi Kerja pada CV Mr. Saeful Electronic Service di Demak, UPN Veteran Yogyakarta.

Yuliana, Y. (2017). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan pada PT Haluan Star Logistic, Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 17 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.19.1.43-57

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.