Strategi omnichannel marketing & keberlanjutan bisnis e-commerce melalui karakter dan mindset UMKM selama pandemi COVID-19 di Kota Medan

Muhammad Arif Lubis, Doli Muhammad Ja’far Dalimunthe, Bongsu Hutagalung, Andrew Satria Lubis

Sari


Penelitian ini mengkaji strategi UMKM untuk bertahan di masa pandemic COVID-19. Hasil kajian ini dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk mengambil keputusan dalam ketidakpastian masa pandemic. Penelitian ini sedikit agak berbeda pada penelitian-penelitian serupa sebelumnya. Penelitian terdahulu mengkaji sustainability bisnis UMKM dalam kondisi normal dan persaingan antar bisnis UMKM. Namun pada masa pandemic COVID-19 kondisi jauh berbeda. Hal tersebut tidak lepas dari kondisi anomali pasar yang menyerap produk UMKM.UMKM menghadapi masa paling sulit dalam sejarah bisnis mereka. Penelitan ini menjelaskan sebuah perubahan perilaku baik pelaku UMKM maupun pembeli dalam menghadapi pandemic. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pelaku bisnis UMKM yang bertahan adalah mereka yang mampu beradaptasi dan melakukan inovasi terhadap layanan dan peroses produksinya. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi pada Pengembangan strategi UMKM agar dapat bertahan dimasa pandemic COVID-19.

This study examines the strategies of SMEs to survive the COVID-19 pandemic. The results of this study can be used by MSME actors to make decisions during the uncertainty of the pandemic. This study is slightly different from previous similar studies. Previous research examines the sustainability of the MSME business under normal conditions and the competition between MSME businesses. However, during the COVID-19 pandemic, the situation was much different. This is inseparable from the condition of market anomalies that absorb MSME products. MSMEs are facing the most difficult period in their business history. This research explains a change in the behavior of both MSME actors and buyers in the face of a pandemic. This study also shows that the surviving MSME business actors are those who are able to adapt and innovate on their services and production processes. With this research, it is hoped that it can contribute to the development of MSME strategies so that they can survive during the COVID-19 pandemic.


Kata Kunci


omnichannel marketing; MSME character; MSME mindset; sustainable business

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al Rasyid, H., & Tri Indah, A. (2015). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Perspektif, 16(1), 39-49. https://doi.org/2550-1178

Alifa, R. N., & Saputri, M. E. (2022). Pengaruh Influencer Marketing dan Strategi Omni-Channel Terhadap Purchase Intention Konsumen pada Sociolla. ProBank, 1(1), 64-74.

Aliami, S., Hakimah, E. N., & Fauji, D. A. S. (2018). Dampak Pengembangan Pemasaran Digital Pada Startup’S (Studi Kasus Pada Wirausaha Baru). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(1), 73. https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i1.105

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233-247. https://www.jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/512

Brown, R., & Rocha, A. (2020). Since January 2020 Elsevier has created a COVID-19 resource centre with free information in English and Mandarin on the novel coronavirus COVID- 19. The COVID-19 resource centre is hosted on Elsevier Connect, the company’s public news and information. January.

Choi, T. M., Chen, Y., & Chung, S. H. (2019). Online-offline fashion franchising supply chains without channel conflicts: choices on postponement and contracts. International Journal of Production Economics, 215, 174-184. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2017.05.006

Ermayda, Z., R., Ikrima Nanda, H., & Dwi Narullia. (2019). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Produk Pkk. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(2), 80–84. https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i2.15

Febriantoro, W. (2018). Kajian Dan Strategi Pendukung Perkembangan E-Commerce Bagi UMKM di Indonesia. Jurnal MANAJERIAL, 17(2), 184. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.10441

Hamta, F., & Putri, R. S. A. (2019). Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Partisipasi Manajemen Dan Kemampuan Teknik Pemakai Sistem Informasi Akuntansi Pada Kinerja Individu Karyawan Pt. Batamec. Measurement : Jurnal Akuntansi, 13(2), 156. https://doi.org/10.33373/mja.v13i2.2181

Harahap, E. F., Helmawati., Rahmi, S., Ramadhani, A., & Mora. (2022). Economic Competitiveness and Quality of Human Resources in West Sumatra. The Second Economics, law, Education and Humanities International Conference, KnE Social Sciences, 246-253. https://doi.org/10.18502/kss.v7i6.10627

Jaswadi., Iqbal, M., & Sumiadji. (2015). SME Governance in Indonesia – A Survey and Insight from Private Companies. Procedia Economics and Finance, 31(15), 387-398. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)01214-9

Maulana, S. M., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 1-9. Available at http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1165

Mat, Z., Yusoff, M., Zainol, F., & Afthanorhan, A. (2020). Risk-taking propensity & personality of women entrepreneurs in Malaysia. J. Crit. Rev, 7, 1214-1221.

Pakpahan, A. K. (2020). Menyelamatkan Penjualan Ritel di Tengah Pandemi Covid-19. Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikto, Kecil, Dan Menengan, 1(April), 5.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Putri, N. Q. (2020). Jurnal Pewarta Indonesia. Jurnal Pewarta Indonesia, 2(1), 113-120.

Safitri, H., Wajdi, M. F., & Setyawan, A. A. (2020). Pengaruh Dimensi Kompetensi, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Bisnis UKM Di Sukoharjo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Santoso, R. (2017). Pengaruh Faktor Internal Mahasiswa Dalam Mengambil Keputusan Berwirausaha Di Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Surabaya. Majalah Ekonomi, XXII(1), 1-7, http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/542/pdf

Susilo, B. (2018). Pemasaran Digital: Segmentasi Demografi Pengguna Media Sosial di Kota Pontianak. Eksplora Informatika, 8(1), 69-79. https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i1.163

Wibowo, S., B., Haryokusumo, D., YKPN Yogyakarta bambangsetia, S., & YKPN Yogyakarta, S. (n.d.). Capital Jurnal Ekonomi Dan Manajemen.

Voytenko, Y., McCormick, K., Evans, J., & Schliwa, G. (2016). Urban living labs for sustainability and low carbon cities in Europe: Towards a research agenda. Journal of cleaner production, 123, 45-54. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2015.08.053

Yanuardi, A. W., Indah, Y., Wahyudi, W. T., & Nainggolan, B. (2016). Maturity Analysis of Omnichannel Customer Experience A Case Study In PT. Telekomunikasi Indonesia. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 81–94. https://doi.org/10.25124/jmi.v16i2.314




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.17.2.105-116

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.