Persepsi petani terhadap peran Apkarkusi dalam pemasaran karet sistem lelang

Adi Alfi Febri Rahmad, Novia Dewi, Yulia Andriani

Sari


Apkarkusi adalah sebuah kelembagaan yang menjadi wadah berkumpulnya petani karet Kabupaten Kuantan Singingi untuk melaksanakan pemasaran karet secara bersama. Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisis persepsi petani di Desa Lubuk Terentang terhadap peran Apkarkusi. Penelitiaan ini menggunakan metode Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 61 yang terbagi dalam 6 kelompok tani, dan 1 sampel diambil dari pengurus Apkarkusi. Hasil analisis Multidimensional Scalling yang berada pada kuadran I memberikan modal dan pinjaman kepada petani, hal ini menunjukkan peran Apkarkusi dalam memberikan modal dan pinjaman sangat dibutuhkan petani. Atribut yang berada di kuadran II memiliki persepsi petani yang kuat terhadap peran Apkarkusi. Membantu dan memudahkan pemasaran, dan sistem 4S harus dipertahankan dalam kegiatan pemasaran karet sistem lelang. Kuadran III atribut pemotongan harga lelang karet, penyewaan sekretariat dan gudang, kesepakatan harga, subsidi pupuk pestisida dan cairan pembeku, melakukan pertemuaan, dan mengatasi permasalahan kelompok tani memiliki persepsi yang rendah terhadap peran Apkarkusi.

Apkarkusi is an institution that serves as a gathering place for rubber farmers of Kuantan Singingi Regency to carry out rubber marketing together. The purpose of this study is to analyze the perception of farmers in Lubuk Terentang Village towards the role of Apkarkusi. This research used the Purposive Sampling method with a total of 61 samples divided into 6 farmer groups, and 1 sample was taken from the Apkarkusi management. The results of the Multidimensional Scalling analysis which is in quadrant I provide capital and loans to farmers; this shows the role of Apkarkusi in providing capital and loans is needed by farmers. The attributes that are in quadrant II have a strong peasant perception of the role of Apkarkusi. Assist and facilitate marketing, and the 4S system must be maintained in the rubber marketing activities of the auction system. Quadrant III attributes of rubber auction price cuts, secretariat and warehouse rentals, price agreements, subsidies for pesticide fertilizers and freezers, conducting meetings, and addressing the problems of farmer groups have a low perception of Apkarkusi's role.


Kata Kunci


apkarkusi role; farmer perception; scalling multidimensional analysis (MDS)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al Fatah. (2018). Analisis Pemasaran Karet Sistem Lelang di Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi. JOM Faperta Universitas Riau, 5(1), 188-194.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2021). Indonesia dalam Angka 2021. Jakarta.

Fauzi, I. R., Bukit, E., Andriyanto, M., & Istianto, I. (2016). Kelayakan Pengembangan Perkebunan Karet Di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Jurnal Penelitian Karet, 34(1), 107-118. https://doi.org/10.22302/jpk.v0i0.229

Kurniati, D., Maharani, E., & Edwina, S. (2021). Analisis Pemasaran Karet Sistem Lelang di Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 17(3), 47–58. https://doi.org/10.20956/jsep.v17i3.18099

Lestari, A. (2015). Rancangan Kelembagaan Penunjang Model Usahatani Integrasi Tanaman Sorgum Dan Ternak Sapi Di Lahan Suboptimal. Jom Faperta, 2(2).

Sutrisna, N., & Sunandar, N. Y. S. (2014). Rancangan kelembagaan penunjang model usahatani integrasi tanaman sorgum dan ternak sapi di lahan suboptimal. Buletin Hasil Kajian, 4(04).

Pratama, K., B. (2016). Hubungan Karakteristik Petani dengan Persepsi Petani Terhadap Sistem Resi Gudang Komoditas Padi (Oryza Sativa). Agritexs, XL, 1-14.

Rusdiyana, E., Pertanian, F., & Maret, U. S. (2017). Peran Pasar Lelang dalam Pemasaran Cabai di Kelompok Tani. Journal of Sustainable Agricultur. 3984, (1), 1-8.

Saputri, D. C., & Sulistyaninsih, S. (2019). Persepsi Petani Terhadap Kinerja Penyuluh Di Desa Klampokan Dalam Pengembangan Padi Organik. Agribios, 17(1), 34-41. https://doi.org/10.36841/agribios.v17i1.883

Walundungo, G., Paendong, M., & Manurung, T. (2014). Penggunaan Analisis Multidimensional Scaling Untuk Mengetahui Kemiripan Rumah Makan Di Manado Town Square Berdasarkan Kerakteristik Pelanggan. D’CARTESIAN, 3(1), 30-35. https://doi.org/10.35799/dc.3.1.2014.3806

Wardani., & Anwarudin , O. (2016). Peran Penyuluh Terhadap Penguatan Kelompok Tani dan Regenerasi Petani di Kabupaten Bogor Jawa Barat. Journal Tabaro, 2(1), 191-200. http://dx.doi.org/10.35914/tabaro.v2i1.113




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.17.3.157-166

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.