Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Ekonomi Rumahtangga Petani Padi Sawah di Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar

Natalia Veronica Swares, Djaimi Bakce

Sari


Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan ekonomi rumahtangga petani padi sawah dari aspek produksi, alokasi waktu kerja, pendapatan, dan pengeluaran rumahtangga. Penelitian ini menggunakan pendekatan ekonometrik dengan metode Two Stages Least Square (2SLS). Temuan utama dari penelitian ini adalah: Pertama, faktor-faktor dominan yang mempengaruhi produksi adalah luas panen padi sawah dan total alokasi waktu kerja dalam usahatani padi sawah. Kedua, faktor-faktor dominan yang mempengaruhi alokasi waktu kerja adalah pendapatan dalam usahatani padi sawah, angkatan kerja rumahtangga, pengalaman kerja, dan pendapatan rumahtangga luar usahatani padi sawah. Ketiga, faktor-faktor dominan yang mempengaruhi pendapatan luar usahatani padi sawah adalah alokasi waktu kerja di luar usahatani padi sawah, alokasi waktu kerja dalam usahatani padi sawah, dan umur petani. Terakhir, faktor-faktor dominan yang mempengaruhi pengeluaran rumahtangga adalah pendapatan total rumahtangga, jumlah anggota rumahtangga, jumlah anak sekolah, investasi pendidikan, pengeluaran konsumsi pangan, luas panen padi sawah, pengeluaran kesehatan, dan tabungan.

Kata Kunci


keputusan ekonomi; padi sawah; faktor dominan; petani

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asmarantaka, R. W. 2007. Analisis Ekonomi Rumahtangga Petani Tanaman Pangan di Provinsi Lampung. Jurnal Agribisnis dan Ekonomi Pertanian 1 (1): 1-18.

Badan Ketahanan Pangan Provinsi Riau. 2015. Buku Statistik Pangan Tahun 2014. Pekanbaru: Badan Ketahanan Pangan Provinsi Riau.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kampar. 2014. Kampar dalam Angka 2013. Bangkinang: Badan Pusat Statistik Kampar.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kampar. 2015. Kampar dalam Angka 2014. Bangkinang: Badan Pusat Statistik Kampar.

Baharsyah. 1995. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga FE-UI.

Becker, G. S. 1965. The Economic Approach to Human Behavior. Chicago: The University of Chicago Press.

Cooper, D.R., dan C.W. Emory. 1996. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Dobermann, A., and T. Fairhurst. 2000. Rice: Nutrient Disorders & Nutrient Management. Handbook series. Potash & Phosphate Institute (PPI), Potash & Phosphate Institute of Canada (PPIC) and International Rice Research Institute.

Febrero, R., dan P.S. Schwartz. 2000. The Essence of Becker. California: Hoover Institution Press, Stanford University.

Gronau, R. 1997. Leisure, Home Production, and Work: The Theory of the Allocation of Time Revisited. Journal of Political Economy, 85 (6): 1099-1123.

Koutsoyiannis, A. 1977. Theory of Econometrics. New York: McGraw-Hill Publishing Co.

Lipsey, R.G., P.N. Courant, D.D. Purpis, dan P.O. Steiner. 1995. Pengantar Ekonomi Mikro. Jakarta: Binarupa Aksara.

Makki, M.F. 2014. Perilaku Ekonomi Rumahtangga Petani Padi di Lahan Rawa Lebak Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan. Disertasi Program Doktor. Program Pascasarjana, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang.

Mariyanto, J., R. Dwiastuti, dan N. Hanani. 2015. Model Ekonomi Rumah Tangga Pertanian Lahan Kering di Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Pertanian, Universitas Brawijaya. Malang, 26 (2):108-118.

Nakajima, C. 1986. Subjective Equilibrium Theory of the Farm Household. Amsterdam: Elsevier Science Publisher.

Singh, I., L. Squire and J. Strauss. 1986. Agricultural Household Models: Extensions, Applications, and Policy. Baltimore: The John Hopkins University Press.

Soekartawi. 2002. Analisis Usahatani. Jakarta: UI Press.

Sukirno, S. 2002. Pengantar Teori Mikroekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sumodiningrat, G. 1998. Ekonometrika Pengantar: Cetakan Keempat. Yogyakarta: BPFE Universitas Gajah Mada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.12.2.71-82

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.