Efisiensi Produksi Padi di Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan

Raffy Arnanda, Syaiful Hadi, Roza Yulida

Sari


Kecamatan Kuala Kampar sebagai daerah sentra produksi padi di kabupaten Pelalawan merupakan daerah yang diharapkan mampu menjaga stabilitas ketersediaan beras di Kabupaten Pelalawan. Tapi dalam kenyataannya, produksi padi Kecamatan Kuala Kampar cendrung mengalami kenaikan namun juga mengalami penurunan. Produksi yang efisien akan menyebabkan penurunan biaya produksi yang selanjutnya akan menyebabkan peningkatan pendapatan petani. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor produksi dan tingkat efisiensi penggunaan faktor produksi tanaman padi. Secara khusus tujuan penelitian adalah: (1) Mengetahui karakteristik petani padi sawah pasang surut, (2) Menganalisis faktor yang mempengaruhi produksi padi, (3) Menganalisis efisiensi teknis, alokatif dan ekonomi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menjawab tujuan pertama, analisis fungsi produksi Cobb-douglas untuk menjawab tujuan kedua, Data Envelopment Analysis (DEA) untuk tujuan ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara statistik variabel luas lahan, jumlah benih, pupuk KCl, pupuk SP36, pupuk NPK, tenaga kerja, dan dummy penggunaan bibit unggul berpengaruh nyata terhadap produksi padi. Umumnya petani responden telah efisien secara teknis namun belum efisien secara alokatif dan ekonomis.

Kata Kunci


Produksi padi; efisiensi; Paddy production; efficiency

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Coelli, T., D.S.P. Rao, and G. E. Battese. 1998. An Introduction to Efficiensyand Productivity Analysis. Kluwer Academic Publisher, Boston.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Pelalawan. 2015. Statistik Pertanian Tanaman Pangan. Kabupaten Pelalawan.

Gujarati, D.N. 2012, Dasar-dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat.

Kurniawan, A. Y. 2008. Analisis Efisiensi Ekonomi dan Daya Saing Usahatani Jagung pada Lahan Kering di Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan (tesis). Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Marjelita, L. 2015. Analisis Efisiensi Produksi Petani Padi Peserta Operasi Pangan Riau makmur di Kabupaten Kampar (tesis) Program Pascasarjana Univeristas Riau.

Saptana. 2012. Konsep Efisiensi Usahatani Pangan dan Implikasinya Bagi Peningkatan Produktivitas. Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. litbang.go.id/ind/pdffiles/FAE30-2c.pdf. Diakses tanggal 15 Mei 2016.

Soekartawi. 2006. Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas. Jakarta: Rajawali Press.

Suprihono. 2003. Analisis Efisiensi Usahatani Padi pada Lahan Sawah di Kecamatan Karanganyer Kabupaten Demak. Tesis Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.11.2.111-126

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.