Evaluasi Pengawasan Teknis Depot Air Minum dan Perdagangannya oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru (Studi Kasus di Kecamatan Tampan)

Pivit Septiary Chandra, Tuti Khairani Harahap, Meyzi Heriyanto

Sari


Adanya peranan kebijakan Kepmenperindag No. 651/MPP/ Kep/10/2004 untuk memproteksi usaha depot air minum dalam bentuk pengawasan teknis depot air minum oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru. Hal ini untuk menjaga stabilitas industri depot air minum agar sesuai standar, untuk itu perlu adanya evaluasi agar tercapainya tujuan kebijakan terhadap sasaran kebijakan. Metode yang digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh dari wawancara, dan observasi. data sekunder diperoleh dari pengumpulan data dengan dokumen. Analisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, pengujian kredibilitas data digunakan dengan teknik Tringulasi. Hasil penelitian bahwa evaluasi yang dilakukan menunjukkan pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan terhadap depot air minum di Kecamatan Tampan belum maksimal. Hal ini pengaruhi oleh kendala keterbatasan Personil dalam melakukan pengawasan, kurangnya sarana dan prasarana dalam melakukan pengawasan, kurangnya ketersediaan data yang update, kurangnya kontribusi masyarakat dalam implementasi kebijakan, serta belum terciptanya kerjasama yang baik antar instansi pemerintah dalam mengawasi pelaksanaan kebijakan.

Kata Kunci


kebijakan publik; evaluasi; pengawasan depot air minum; public policy; evaluation; supervision of dringking water depot

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dye, T. R. 1978. Understanding Public Policy. Prentice Hall Inc, New Jersey.

Islamy, M. I. 1996. Prinsip-prinsip Perumusan Kebijakan Negara. Jakarta: Bina Aksara.

Manullang. 2006. Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nugroho, R. 2011. Public Policy. Jakara: Gramedia

Subarsono. 2012. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wibawa, S. 1994. Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.11.2.101-110

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.