Pengaruh Sustainability Reporting Terhadap Kinerja Keuangan dari Sisi Market Value Ratios dan Asset Management Ratios

Jusmarni Jusmarni

Sari


Sustainability report adalah laporan yang berisi kinerja keuangan dan non keuangan. Beberapa tahun terakhir mulai disadari pentingnya pengungkapan ini melalui dampaknya terhadap kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara indikator sustainability report dan rasio market value dan rasio asset management perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah pengungkapan sustainability report yang terbagi atas indikator kinerja ekonomi, lingkungan, dan sosial dan diukur dengan menggunakan indeks SRDI. Variabel bebas diukur berdasarkan indeks pengungkapan. GRI (Inisiatif Pelaporan Global) akan digunakan sebagai panduan sustainability report sebagai dasar dalam pengukuran indeks. Variabel dependen yang digunakan adalah Market Value Ratios dan Asset Management Ratio. Sampel penelitian ini adalah 15 perusahaan yang mempublikasikan sustainability report tiga tahun berturut-turut pada tahun 2010-2012 yang diakses melalui website perusahaan dan website National Center or Sustainability Reporting dan perusahaan tersebut mempublikasikan Laporan Keuangan Tahunan pada tahun 2011-2013 yang dapat diakses melaui web perusahaan. Hasilnya, sustainability reporting dalam aspek ekonomi dan lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap market value ratio dan asset management ratio, sedangkan sustainability reporting dalam aspek sosial, berpengaruh positif tidak signifikan dalam peningkatan market value dan asset management.

Kata Kunci


Sustainability Reporting; Market Value Ratios; Asset Management Ratios; Global Reporting Intiative

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cahyandito, M. F. 2009. Pembangunan Berkelanjutan Ekonomi dan Ekologi, Sustainability Comminication dan Sustainability Reporting, 1-12

Chariri, A dan Firman A. J. 2009. Retorika Dalam Pelaporan Corporate Social Responsibility: Analisis Semiotik Atas Sustainability Reporting Pt Aneka Tambang Tbk. Simposium Nasional Akuntansi XII Palembang 4-6 November 2009.

Deegan, C. 2006. Financial Accouting Theory (2nd ed). Sudney: McGraw-Hill Book Company

Donaldson, T., and L. E. Preston (1995). The Stakeholder Theory of the Corporation: Concepts, Evidence, and Implications. The Academy of Management Review, 20 (1).

Elkington, J. 1997. Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line of 21st Century Bussines. Capstone: Oxford

Ernst and Young LLP and the Carroll School of Management Center for Corporate Citizenship. 2013. Value of sustainability reporting. Retrieved October 19, 2013, from http://www.ey.com/Publication/vwLUAssets/ACM_BC/$FILE/1304-1061668_ACM_BC_Corporate_Center.pdf

Garbo, A. 2013. Pengaruh Metode Persediaan dan Profit Margin terhadap Market Value pada Perusahaan Manufaktur yang Masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) Periode 2008-2011.

Global Reporting Initiative. 2011, Sustainability Reporting Guidelines. Retrieved October 19, 2013, from http://www.globalreporting.org/resourcelibrary/G3.1-Sustainability Reporting-Guedelines.pdf

Laplume, A., K. Sonpar, and R. Litz. 2008. Stakeholder Theory: Reviewing a Theory That Moves Us. Journal of Management, December 2008 Vol. 34 no. 6, p: 1152-1189.

Lubis, S. 2009. Step by Step Cascading Balanced Scorecard To Functional Scorecard. PT Gramedia Pustaka Utama.

Meryana, E. 2013. Perusahaan Pembuat Laporan Keberlanjutan Kian Banyak di Indonesia. SWA. Retrieved September 8, 2013 from http://swa.co.id/business-research

Moneva, Jose M., Lirio, Juana M. Ricera., dan Torres, Maria J. Munoz. 2007. The Corporate Stakeholder Commitment and Social and Financial Performance. Industrial Management Data Systems, Vol. 107, No. 1, pp. 84-102.

Ross, S. A., R. W. Westerfield, and B. D. Jordan. 2008. Fundamental of Corporate Finance (8th ed). Singapore: McGraw-Hill Book Company.

Sawir, A. 2012. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Umum.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.11.1.29-45

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.