PEMETAAN SIKAP DEMOKRATIS MAHASISWA BARU FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS RIAU TAHUN 2012

Adlin Adlin, Syafri Harto

Sari


Pendalaman sikap demokratis penting dalam upaya menwujudkan konsolidasidemokrasi di Indonesia. Salah satu syarat pendukung konsolidasi adalahterinternalisasi sikap politik demokratis di kalangan elit, maupun masyarakat danmahasiswa. Dewasa ini aksi politik mahasiswa tidak hanya berlangsung secaradamai namun kadangkala juga diakhiri oleh aksi anarkis. Mahasiswa baru FISIPangkatan 2012 perlu dipetakan sikap demokratisnya agar bisa dibina dalam rangkamewujudkan insan yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan konsolidasidemokrasi di Indonesia. Menurut Osterich sikap demokratis generasi muda dapatdiukur dengan 5 indikator yaitu komitmen untuk melakukan kewajiban demokrasi,melakukan kegiatan politik konvensional, melakukan kegiatan sosial, melakukanprotes secara damai dan komitmen melakukan kegiatan politik non konvensional.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik systematic randomsampling sehingga didapatkan 83 responden. Data diambil melalui kuesioner tertutupyang selanjutnya dianalisa dan ditampilkan dalam bentuk Tabel frekuensi dan Tabelsilang. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden berkomitmen untukmelakukan kegiatan politik konvensional berupa menulis tentang permasalahansosial di media massa dan menunaikan kewajiban demokratis berupa ikut sertadalam pemilihan umum.


Kata Kunci


Mahasiswa baru; sikap demokratis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiardjo, Miriam ,2008.. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

J, Hasse, 2012. Anarkisme Demonstrasi Mahasiswa: Studi Kasus Pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal Studi Pemerintahan Vol.3 Nomor 1 tahun 2012.

Marijan, Kacung, 2010. Sistem Politik Indonesia: Konsolidasi Demokrasi Pasca-Orde Baru. Jakarta: Kencana.

Norris, Pippa (ed), 1997. Passage to Power : Legislative Recruitment in Advanced Democracies. Cambridge : Cambridge University Press.

Raffiudin, Riaty, 2011. Teori Politik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rush, Michael & Althoff, Phillip, 2007. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sahdan, Goergerius (2004). Jalan Transisi Demokrasi Pasca Soeharto. Bantul: Pondok Edukasi.

Surbakti, Ramlan ,1999. Memahami Ilmu Politik. Jakarta : Grasindo.

Zajda, J, et.al (eds), 2009. Nation-Building, Identity and Citizenship Education: Cross-Cultural Perspective, Globalisation, Comparative Education and Policy Research 3. Springer Science + Business Media B.V 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.7.2.102-115

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.