EFEKTIFITAS ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN KELUARGA MENGATASI MASALAH KESEHATAN DI KELUARGA

Agrina Agrina, Reni Zulfitri

Sari


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian asuhankeperawatan keluarga terhadap kemandirian keluarga dalam mengatasi masalahkesehatan di keluarga di wilayah kerja Puskesmas Rumbai Pekanbaru. Desain yangdigunakan adalah kuasi eksprimen one group pretest-posttest design. Jumlahsampel sebanyak 50 keluarga yang memenuhi kriteria inklusi, dengan teknikpengambilan sampel puposive sampling. Analisa data pada penelitian ini bersifatunivariat dan bivariat (uji T dependen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanyapengaruh yang signifikan pemberian asuhan keperawatan keluarga terhadap tingkatkemandirian keluarga dalam mengatasi masalah kesehatan keluarga (p value =0,000). Penting sekali perawat Puskesmas melakukan asuhan keperawatan padakeluarga dalam bentuk kunjungan rumah guna membantu keluarga mengatasimasalah kesehatan yang ada di keluarga sehingga status kesehatan keluarga dapatmeningkat.

Kata Kunci


Asuhan; keperawatan; keluarga; kemandirian; masalah kesehatan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Basuki, 2006. Efektifitas metoda penyuluhan dalam peningkatan pengetahuan tentang hygiene pada murid SD KecamatanSeberida Kabupaten Indragiri Hulu. Tesis, Medan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara

Dinkes Jakarta. 2004. Pelatihan asuhan keperawatan keluarga. PPNI-Dinkes Jakarta

Depkes RI 2008. Riskesdas 2007. Badan Penelitian dan Pengembangan,

Departemen Kesehatan RI. Jakarta

DepKes Jakarta. 2008. Pedoman kegiatan perawat kesehatan masyarakat di Puskesmas. Jakarta

Friedman, M.M, Bowden, V.R, and Jones, E.G. 2003. Family nursing :research theory, practice. 5th edition. Prentice Hall, New Jersey.

Friedman, M.M. 2003. Family nursing : research, theory & practice, 4th ed. USA :Appleton and Lange.

Misbach. 2005. Stroke, risiko utama hipertensi. http://www.indomedia.com.

Nursalam. 2003. Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Salemba medika: Jakarta

Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan perilaku kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi kesehatan & ilmu perilaku. Rineka cipta: Jakarta

Netty, H. 2000. Asuhan Keperawatan Keluarga. FIK – UI

Parellangi. 2012. Pengaruh pelayanan home care terhadap tingkat kemandirian keluarga dalam merawat anggota keluarga dengan pasca stroke di kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. http://media.unpad.ac.id/thesis/220120/2010/220120100001_c_5140.pdf

Purnomo, H., 2009, Pencegahan dan pengobatanpPenyakit yang paling mematikan,Buana Pustaka, Yogyakarta.

Suhartini R. 2006. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian orang lanjut usia (studi kasus di kelurahan Jambangan). http://damandiri.or.id/detail.php?id=340.

tkpk-riau.org 2009. Jumlah penduduk miskin. Diakses dari situs http://tkpkriau.org/content/view/32/63/ pada tanggal 29 Januari 2010

WHO. 2001. Pengendalian hipertensi. ITB: Bandung

Zulfitri.R, Agrina, Herlina. (2011). Gambaran pelaksanaan fungsi perawatan kesehatan keluarga di wilayah kerja Puskesmas Rumbai. Penelitian Laboratorium tahun 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.7.2.81-89

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.