FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELENGKAPAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI

Rofika Rofika, Mustika Debby Apsari

Sari


Bapepam melalui Surat Keputusan Bapepam No. 06/PM/2000 tanggal 13 Maret2000 tentang Pedoman penyajian Laporan Keuangan mensyaratkan elemen-elemen yangseharusnya diungkapkan dalam laporan keuangan perusahaan-perusahaan publik diIndonesia. Penelitian ini bertujuan menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kelengkapanpengungkapan laporan keuangan perusahaan. Variabel independen yang digunakan adalah basis perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, proporsi kepemilikan sahampublik, reputasi KAP dan likuiditas. Sampel penelitian dengan menggunakan metodepurposive sampling diperoleh sebanyak 81 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BursaEfek Indonesia. Hasil analisa regresi berganda pada α = 5% menujukkan bahwa ukuran perusahaan dan leverage memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kelengkapanpengungkapan laporan keuangan. Sedangkan variabel yang lain tidak memiliki pengaruhyang signifikan.


Kata Kunci


pengungkapan; laporan keuangan; basis perusahaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aida Noviani., 2006. Analisis Pengungkapan Laporan Tahunan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Bapepam., 2002. Lampiran Keputusan Ketua BAPEPAM No. SE-02/PM/2002, Himpunan Peraturan Pasar Modal Indonesia, Jakarta.

Bambang Irawan., 2006. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia,. Yogyakarta.

Dessy Amalia., 2005. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Luas Pengungkapan Sukarela (Voluntary Disclosure) pada Laporan Tahunan Perusahaan yang Tercatat di BEJ, Jurnal Akuntansi Pemerintah, Vol, 1. No. 2, Fakultas Ekonomi UGM, Yogyakarta.

Dewi Hertanti., 2005. Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental Terhadap Kelengkapan pengungkapan Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta, Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Akuntansi, Universitas Negeri Semarang.

Dian Meiyusti., 2009. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Proporsi Kepemilikan Saham Publik, Reputasi Kantor Akuntan Publik dan Likuiditas terhadap Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan Tahunan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Riau.

Farichah., 2009. Analisis Hubungan Antara Karakteristik dan Kualitas Pengungkapan pada Laporan Keuangan Perusahaan Indonesia, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 14 No. 2, Fakultas Ekonomi Universitas Lampung.

Handi Handoko., 2006. Pengaruh Size Perusahaan, Likuiditas, Solvabilitas, Lamanya Listing, dan Proporsi Kepemilikan Publik Terhadap level of Disclosure pada perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Jakarta, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Riau.

IDX. 2009. Indonesian Capital Market Directory (ICMD), Bapepam, Jakarta. Luciana Spica Almilia dan Ikka Retrinasari., 2007. Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Kelengkapan Pengungkapan Dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur yang Tedaftar di BEJ, Jurnal Akuntansi Universitas Trisakti, April 2007.

Lukman Syamsuddin., 2007. Manajemen Keuangan Perusahaan, Edisi Baru-9. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Marulitua Johannes., 2009. Pengaruh Size Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas, Proporsi Kepemilikan Saham oleh Publik dan Basis Perusahaan Terhadap Luas Voluntary Disclosure pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Riau.

Rhia Dwiningsih., 2009. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, Ukuran Kas, dan Komisaris Independen Terhadap Transparansi Informasi, Skripsi, S1 Fakultas Ekonomi Universitas Riau.

Yuliansyah dan Yenny Megawati, 2007. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Tingkat Keluasan Pengungkapan Laporan Keuangan pada Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Jakarta, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 12 No. 1, Bandar Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.6.2.99-109

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.