PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF DALAM MATA PELAJARAN DISAIN KECANTIKAN SISWA KELAS X SMKN 3 PEKANBARU

Helmiyati Helmiyati

Sari


Penelitian tindakan kelas ( classroom action research ) ini terwujud untuk mengetahuipeningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif dalammenggambar macam-macam bentuk wajah dan bagian-bagiannya serta model rambut yangsesuai. Setting penelitian ini adalah aktifitas siswa dalam pembelajaran yang dilakukanmelalui diskusi kelompok, tugas gambar kelompok dan tugas gambar individu. Sumberinformasi penelitian ini adalah guru, siswa dan kepala sekolah. Penelitian ini dilakukan duasiklus dengan 3 kali pertemuan, yang diawali dengan pra diskusi 2 kali pertemuan : Hasilpenelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktifitas siswa dan hasil belajar siswasebelum dan sesudah pembelajaran dilaksanakan yang mencakup aktivitas siswa dalampembelajaran, keaktifan siswa dalam unjuk kerja, serta peningkatan hasil belajar siswa danketuntasan kompeten dibidang keahliannya. Selanjutnya diketahui bahwa denganpembelajaran kooperatif memberikan kontribusi yang sangat positif terhadap peningkatanhasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar, hal ini terlihat dari pengamatankolaborator dan analisa data menunjukkan bahwa : hasil belajar siswa meningkat pada siklusI tingkat penguasaan baik hanya 75,67  dan terdapat tingkat penguasaan cukup 24,33 ,sedangkan pada siklus II 16,22 % sangat baik dan tingkat penguasaan baik 83,78 , rata-rata aktifitas siswa dalam pembelajaran ( diskusi ) juga mengalami peningkatan pada siklus Irata-ratanya 71,71 % sedangkan siklus Il naik menjadi 94,23  pada keaktifan siswa ( sikap) di siklus I 83,78  naik menjadi 92,48 . Untuk keaktifan siswa dalam unjuk kerjamengalami kenaikan dari 86,18 % menjadi 94,59%.


Kata Kunci


Pembelajaran kooperatif; aktifitas; hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Syahza, A., dan H. Indrawati. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Mata Kuliah Manajemen Agribisnis melalui Pemberian Hand-out pada Mahasiswa Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Riau, http://almasdi.staff.unri.ac.id. Diakses tanggal 5 Februari 2010.

Dasim Budimansyah, Suparlan dan Danny Meirawan., 2009. PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan), Genesindo.

Departemen Pendidikan Nasional., 2004. Kurikulum Edisi 2004 Tata Kecantikan Rambut.

Joko Suharto., 2003. Penelitian Hasil Belajar, http://smkdki.net. Diakses tanggal 10 Februari 2011.

Masnur Muslich,,2007. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Bumi Aksara.

Peraturan Pemerintah., 2005. Standar Nasional Pendidikan

Silberman. Melvin. L., 2011. Active Learning, Nusa Media.

Sartono., 2002. Konsep Penelitian Berbasis Kompetensi, PPPGK Kejuruan, Jakarta.

Slavin., 1997. Metoda Pembelajaran Koperatif, www.Sumberbacaan.com, Diakses tanggal 25 Januari 2010.

SMK Gema Gawita., 2008, Penilaian Hasil Belajar, www.smkgemagawitatgr. indosatscool.com/index.php/berita/2562. Diakses tanggal 25 Januari 2010.

Sumantri, Asra., 2009. Situasi Pembelajaran, www.Does-finder.com. Diakses tanggal 10 Februari 2011.

Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas., 2011. www.wikipedia.org/wiki/Desain. Diakses tanggal 10 Februari 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.6.2.82-98

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.