Metode hitung cepat terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa sekolah dasar

Ayunis Ayunis, Deri Wan Minto, Gusnita Efrina

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kemampuan matematis siswa pada materi perkalian, hal ini terlihat dari kesulitan siswa dalam menyelesaikan permaslahan mengenai materi perkalian. Hal ini mengakibatkan rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penmggunaan metode hitung cepat terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Penelitian ini merepakan metode hitung cepat. Hasil analisis penelitian menjelaskan, pertama, metode hitung cepat bisa membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam materi perkalian dan menambah semangat belajar siswa.  Kedua, metode hitung cepat bisa meningkatkan pemahaman siswa dengan melihat hasil pemahaman matematis siwa yang belajar dengan metode hitung cepat lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional yaitu rata-rata hasil pemahaman konsep matematis siswa dengan metode hitung cepat 77 sedangkan dengan pembelajaran konvensional 71.

This research is motivated by the low ability of students' mathematical abilities in multiplication material, this can be seen from the students' difficulties in solving problems regarding multiplication material. This resulted in the low ability of students' mathematical understanding. The purpose of this study is to describe the use of the quick count method on the mathematical understanding abilities of elementary school students. This type of research is quasi-experimental research (quasi experiment). This research is a quick count method. The results of the research analysis explain, first, the quick count method can help students who experience difficulties in multiplication material and increase student enthusiasm for learning. Second, the quick count method can increase students' understanding by looking at the results of students' mathematical understanding who learn using the quick count method is higher than conventional learning, namely the average result of students' understanding of mathematical concepts using the quick count method is 77 while with conventional learning it is 71.


Kata Kunci


quick count; mathematical understanding; elementary school; mathematics

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atiaturrahmaniah. (2011). Penerapan Metode Jarimatika Untuk Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SDN 2 Pancor. EDUCATIO: Jurnal Ilmu Kependidikan, 6(2), 81-102. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc/article/view/31

Erdawati, S., & Rahman, A. (2021). Penerapan Metode Kunci ABC ( Aneka Berhitung Cepat ): Pembelajaran Konsep Operasi Perkalian Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. AL-TA'BID: Jurnal Kajian Ilmu kependidikan, 14(1), 14-30. http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv14i1.1988

Gunarti, E. (2017). Hubungan Antara Kreativitas, Kemampuan Numerik Dan Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Matematika Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri Se-Kecamatan Pundong. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.30738/.v5i1.934

Heriyati. (2019). Sosialisasi Penggunaan Metode Hitung Trachternberg dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Dasar. November, 1156-1163. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.396

Heriyati, H., & Munasiah, M. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung dan Minat Matematika Siswa dengan Metode Hitung Trachternberg. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3), 431-438. https://doi.org/10.30998/sap.v6i3.10603

Itqan, M. S. (2018). Pengembangan Aplikasi Android “Hitung Cepat Matematika.” NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications), 3(2), 113-119. https://doi.org/10.36564/njca.v3i2.77

Nasution, T. K., & Surya, E. (2016). Penerapan Teknik Jarimatika Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Bilangan. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 136-147. https://doi.org/10.30738/.v4i2.442

Rahayu, E. S. (2017). Menumbuhkan kreativitas pengajaran Bahasa Jerman: Khususnya ketrampilan berbicara saat berapresiasi seni dengan media barang-barang bekas. Urecol University Research Colloquium 2017 Universitas Muhammadiyah Magelang, 1(2), 69–76. http://journal.unimma.ac.id/index.php/urecol/article/view/943

Sumarmo, U. (2012). Pendidikan Karakter serta Pengembangan Berfikir dan Disposisi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Pendidikan Matematika, 14.

Suriyah, P., Indriani, A., Novianti, D. E., Rohman, N. (2018). Media Pembelajaran Inovatif House Of Multiplication Bagi Siswa Sdn Sidorejo Sebagai Upaya Hitung Cepat Perkalian. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 50–56. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jadimas/article/view/881

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–10. https://www.neliti.com/publications/71281/kesulitan-belajar-matematika-di-sekolah-dasar




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.17.3.149-155

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.