Pengaruh resiliensi dan kecerdasan sosial terhadap komitmen kerja guru masa pandemi Covid-19 di SLB Kota Pekanbaru

Muhammad Abda Kadavi, Almasdi Syahza, Rr. Sri Kartikowati

Sari


Komitmen kerja guru SLB diidentifikasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor meliputi karakteristik. Seorang guru harus memiliki jiwa yang resilien terlebih dahulu karena harus menjadi contoh utama untuk siswa supaya berjiwa tangguh. Guru SLB harus mampu menyesuaikan diri dalam berbagai lingkungan sosial dan menjalin komunikasi yang efektif dengan orang lain atau memiliki kecerdasan sosial yang tinggi pada lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh resiliensi dan kecerdasan sosial terhadap komitmen kerja guru dimasa pandemi Covid-19 di SLB Kota Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel resiliensi (X1) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap komitmen kerja guru SLB (Y), dibuktikan nilai signifikansi t (0,077) lebih besar dari 5% tetapi secara parsial variabel kecerdasan sosial (X¬2¬) memiliki pengaruh signifikan terhadap komitmen kerja guru SLB (Y), hal ini ditunjukkan nilai signifikansi t (0,000) kurang dari 5% jika dilakukan pengujian secara bersama hasilnya Variabel resiliensi (X1) dan kecerdasan sosial (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel Komitmen Kerja Guru (Y) ditunjukkan oleh nilai signifikansi F (0,000b) kurang dari 5%.

 

The work commitment of SLB teachers identified can be influenced by several factors including characteristics. A teacher must have a resilient because main example for students to have a tough spirit. SLB teachers must be able to adapt to various social environments and establish effective communication with others or have high social intelligence in the environment. This study to determine the effect of resilience and social intelligence on teacher work commitment during the Covid-19 pandemic at SLB Pekanbaru City. The results showed that partially the resilience variable (X1) not have a significant effect on the work commitment of the SLB teacher (Y), it was proven that the significance value of t (0.077) was greater than 5% partially the social intelligence variable (X¬2¬) had an influence. significant to the work commitment of special school teachers (Y), this is indicated by the significance value of t (0.000) is less than 5% if the test is carried out together the results are Resilience variables (X1) and social intelligence (X2) jointly have a significant effect on the Work variable. Teacher (Y) indicated by a significance value of F (0.000b) less than 5%.


Kata Kunci


work commitment; resilience; social intelligence; SLB teachers

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Campbell-Sills, L. & Stein, M. B. (2007). Psychometric analysis and refinement of the Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC) validation of a 10- Item Measure of Resilience. Jurnal of Traumatic Stress, 20(6), 1019-1028. https://doi.org/10.1002/jts.20271

Friends, Y. (2020). Webinar Abdimas "Guru Resilien di Era Pandemi dan New Normal. Retrieved Agustus 31, 2020, from Universitas Persada Indonesia Y.A.I Jakarta.

Gujarati, N. D. (2012). Dasar-dasar Ekonometrika (Terjemahan). Buku 2. Edisi 5. Penerbit Salemba: Jakarta.

Irianti, M., Syahza, A., & Suarman. (2021). Is it true that educator certification guarantees professional teachers. Ilkogretim Online, 20(1), 1479-1489. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.145

Jauhari, H., Dewata, E., & Hazisma, S. (2021). Pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Dan Standar Akuntansi Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah. Jurnal Akuntansi, 8(1), 91-103. https://doi.org/10.30656/jak.v8i1.2569

Kemendikbud. (2012). Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusumaputri, E. S. (2015). Komitmen pada Perubahan Organisasi: Perubahan Organisasi dalam Perspektif Islam dan Psikologi. Yogyakarta: Deepublish

Nasution, A. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Guru Madrasah Aliyah Negeri Di Kota Medan. Diss. Unimed.

Pratiwi, K. I., & Rustika, I. M. (2017). Peran pola asuh autoritatif dan konsep diri terhadap kecerdasan sosial remaja awal Sekolah Menengah Pertama Negeri di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 4(2), 448-459. https://doi.org/10.24843/JPU.2017.v04.i02.p19

Prihantoro, A. (2015.) Peningkatan kinerja sumber daya manusia melalui motivasi, disiplin, lingkungan kerja, dan komitmen. Deepublish. Yogyakarta.

Santoso, S. (2012). Statistik Parametik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian Edisi Revisi. Universitas Riau. Pekanbaru.

Wijaya, C. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi, Perilaku Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Stres Pekerjaan, dan Motivasi Kerja terhadap Keefektifan Kerja Pegawai Administrasi IAIN Sumatera Utara. Sinopsis Disertasi. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.17.2.69-76

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.