Analisis bauran komunikasi pemasaran di KSPPS Karisma Kantor Cabang Grabag dalam meningkatkan jumlah anggota

Vina Al Azizah, Andhatu Achsa

Sari


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui lebih dalam dan mendeskripsikan kondisi bauran komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh KSPPS Karisma kantor cabang Grabag dalam menarik minat anggota sehingga jumlahnya meningkat. Kegagalan sebuah koperasi dalam memperoleh anggota salah satu faktornya adalah kurangnya media komunikasi pemasaran, sedangkan anggota adalah sumber keberlangsungan hidup bagi koperasi, maka dibutuhkan komunikasi pemasaran yang baik untuk menginformasikan adanya suatu produk sekaligus membujuk agar masyarakat melakukan pembelian.  Metode deskriptif kualitatif menjadi metode yang digunakan dalam penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data yang ditemukan, dan kesimpulan. Data diperoleh dari observasi dan wawancara dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya, dokumentasi, internet, dan studi kepustakaan yang dilaksanakan pada February 2020 sampai Mei 2020. Bauran komunikasi pemasaran yang digunakan oleh KSPPS Karisma cabang Grabag untuk meraih anggota adalah periklanan,penjualan personal, pemasaran dari mulut ke mulut, pemasaran langsung dan interaktif, dan hubungan masyarakat dan publisitas. Dalam penelitian ini, bauran komunikasi pemasaran yang digunakan oleh KSPPS Karisma cabang Grabag berpengaruh terhadap peningkatan jumlah anggota.

This study aims to know deeply and describe the conditions of marketing communication mix applied by KSPPS Karisma Grabag offices in attracting members’ interest so that the numbers increase. The failure of a cooperative in getting members one of the factors is the lack of the marketing communication media, while members are source of survival for cooperatives, so good marketing communication is needed to inform the existence of a product and persuading the public to make a purchase. The qualitative descriptive method is used in this research. Data analysis methods used are data collection, presentation of data, and conclusions. Data obtained from observations and interviews with purposive sampling as a sampling technique, documentation, internet, and literatur study conducted on February to May 2020. The marketing communication mix used by KSPPS Karisma Grabag office to reach members is advertising, personal selling, word of mouth marketing, direct and interactive marketing, and public relations and publicity. In this study, the marketing communication mix used by KSPPS Karisma Grabag office affect on increasing number of members.


Kata Kunci


KSPPS Karisma; bauran komunikasi pemasaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buchori, I., & Prasetyo, A. (2014). Pengaruh Tingkat Pembiayaan Mudharabah Terhadap Tingkat Rasio Profitabilitas Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Manfaat Surabaya. EL-Qist, 04(01), 706–734.

Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu : Implementasi Untuk UMKM. Jurnal NeO-Bis, 8(2), 176–189.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran : Dasar dan Konsep. Pasuruan: Penerbit Qiara Media.

Fitriah, M. (2018). Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. Yogyakarta: Deepublish.

Hidayat, F. (2016). Sistem Pengawasan Pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Pyariah (KSPPS) Dalam Mewujudkan Syariah Compliance. Mahkamah, 2(1), 383–407.

Kasmir. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakart: Raja Grafindo Persada.

Kholid, I., Rahayu, S. M., & Yaningwati, F. (2014). Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam Berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Nomor 14/PER/M.KUKM/XII/2009 (Studi pada Koperasi SImpan Pinjam Adi Wiyata Mandiri Kab. Blitar). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 15(2), 1–6.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Jakarta: Indeks.

Kurnianti, A. W. (2017). Komunikasi Pemasaran Transportasi Online NGuberJEK. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 1(1), 69–85.

Kusniadji, S. (2017). Kontribusi Penggunaan Personal Selling Dalam Kegiatan Komunikasi Pemasaran Pada Era Pemasaran Masa Kini. Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–183.

Lisdawami, I. M., & Mawardi, I. (2017). Pengembangan Produk Funding KSPPS BMT Amanah Ummah Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 4(11), 889–901.

Mubarok, N., Jannah, S. A., & Laksanawati, S. (2018). Analisis Identifikasi Masalah Utama Koperasi Di Kabupaten Banyuasin Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Anggota. I-Economic, 4(2), 194–213. https://doi.org/10.19109/ieconomics.v4i2.3039

Muchtar, B., Rahmidani, R., & Siwi, M. K. (2016). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Kencana.

Mujib, A. (2017). Dewan Pengawas Syariah (DPS) pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah di Wilayah Jawa Tengah. Az Zarqa’, 9(125–145).

Prasetya, B. (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu (Pendekatan Tradisional Hingga Era Media Baru). Malang: UB Press.

Rachmawati, R., Teknologi, J., & Semarang, U. N. (2017). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2), 143–150.

RI, M. K. dan U. K. M. Perizinan Usaha Simpan Pinjam. , (2018).

Safe’i, A. (2012). Koperasi Syariah: Tinjauan Terhadap Kedudukan dan Peranannya dalam Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan. Media Syariah, 14(1), 39–64.

Saleh, M., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: Sah Media.

Soemitra, A. (2015). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Prenademedia Group.

Srisusilawati, P. (2017). Kajian Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Mendorong Keputusan Pembelian Jasa Perbankan. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 1–18.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Supit, E. O. J. (2016). Kajian Strategi Komunikasi Pemasaran Rumah Panggung Di Woloan. E-Journal “Acta Diurna,” V(5).

Syarif, N. (2019). Komunikasi Kontemporer : Bisnis Islam di Era Digital. Yogyakarta: Deepublish.

Triningtyas, D. (2016). Komunikasi Antar Pribadi. Magetan: AE Media Grafika.

Wiliasih, R., & Shadrina, F. (2017). Faktor Dominan Yang Memengaruhi Keputusan Nasabah Untuk Menabung Di Bank Syariah, BPRS, Dan KSPPS (Islamic Cooperatives). Jurnal Nisbah, 3(2), 442–461. https://doi.org/10.30997/jn.v3i2.911

Yusuf, B. (2016). Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Syariah. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 101–112. https://doi.org/10.15408/ess.v6i1.3124




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.16.1.1-12

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.