Faktor-faktor yang mempengaruhi income smoothing dengan tarif pajak efektif sebagai variable mediasi perusahaan property dan real estate

Teddy Haryadi, Kamaliah Kamaliah, Enni Savitri

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti secara empiris pengaruh rasio keuangan dalam hal ini Return on Equity (ROE), Debt to Total Asset (DAR), dan Current Ratio (CR) terhadap Income smoothing dengan Tarif Pajak Efektive sebagai variable mediasi. Penelitian ini dilakukan pada 12 perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2017. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan teknik analisis data menggunakan metode Partial Least Square dengan aplikasi WarpPLS 6.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ROE dan DAR berpengaruh positif terhadap Income smoothing selain itu CR tidak berpengaruh terhadap income smoothing. selain Penelitian ini juga menemukan Tarif Pajak Efektif dapat memediasi hubungan ROE terhadap Income Smoothing dan Tarif Pajak Efektif tidak dapat memediasi hubungan DAR dan CR terhadap Income Smoothing.

This research aims to find empirical evidence of the influence of financial ratio in this case Return On Equity (ROE), Debt To Total Asset (DAR), and Current Ratio (CR) to income smoothing with the effective tax rate as a mediation variable. This research was conducted on 12 property dan real estate companies listed in the Indonesian Stock Exchanges in the peroid of 2013-2017. Sampling technique in this research using purposive sampling technique and data analysis technique using Partial Least Square method using WarpPLS 6.0 application. The result of this research indicates that the ROE and DAR have positive significant on Income smoothing. Meanwhile, CR has no signifanct on Income smoothing. This research also shows that Effective Tax Rate can mediate ROE toward Income Smoothing and Effective Tax Rate cannot mediate DAR and CR toward Income Smoothing.


Kata Kunci


income smoothing; return on equity; debt to total asset; current ratio; efective tax rate

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alexandru, I., dan V. Georgeta. 2013. Analysis of the determinant factors of the effective tax rate. Academy of Economic Studies. MASTER DAFI - Financial Management and Stock Exchange - ASE Bucharest, 7:1-12.

Andreea dan V. Georgeta. 2013. The Analysis of Correlation between Profit Tax and Corporate Financial Performance. Academy of Economic MASTER DAFI - Financial Management and Stock Exchange - ASE Bucharest, 6: 1-12.

Ardyansyah, D., dan Zulaikha. 2014. Pengaruh Size, Leverage, Profitability, Capital Intensity Ratio Dan Komisaris Independen Terhadap Effective Tax Rate (Etr). Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Assih, P., dan M. Gudono. 2000. Hubungan Tindakan Perataan Laba dengan Reaksi Pasar atas Pengumuman Informasi Laba Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, 3(1): pp 35-53.

Banam, M., and A. Mehrazeen. 2016. The Relationship Of Information Asymmetry, Institutional Ownership aand Stock Liquidity With Income Smoothing in Tehran Stock Exchange. UCT Journal of Management and Accounting Studies, 4(3): 10-15.

Belkaoui, A.R. 2001. Teori Akuntansi. Alih Bahasa Mawinta, Hajayanti Widiastuti, Heri Kurniawan, Alia Arisanti. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Eckel, N. 1981. The Income Smoothing Hypothesis Revisited. Abacu 17(1): 28-40. https://doi.org/10.1111/j.1467-6281.1981.tb00099.x

Ghozali, I., dan H. Latan. 2015. Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: BP Undip.

Irawan, T., S. Ruwanti, dan T. Manik. 2016. Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Perataan Laba Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014. Skripsi. Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Jensen dan Meckling. 1976. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dividen, Pertumbuhan Perusahaan, Free Cash Flow dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 11(3): 189-207.

Jin, L.S., dan M. Machfoedz. 1998. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, 1(2): 174-191.

Kusumawati, H. 2002. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Praktek Perataan Laba pada Perusahaan Perbankan Non Go Public di Indonesia (Tahun 1995-2000). Tesis. Program Studi Magister Manajemen, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Li-Jung, T., dan L. Chien-Wen. 2007. Relationship Between Income Smoothing and Company Profitability: An Empirical Study. International Journal of Management. Taiwan. International Journal of Management, 24(4): 727-733.

Lubis, N.S. 2012. Pengaruh Return On Investment (ROI), Return On Equity (ROE), Leverage Operasi Terhadap Indikasi Perataan Laba (Income Smoothing) Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Mendila, Z. 2013. Praktik Perataan Laba Pada Perusahaan Perdagangan, Jasa, dan Investasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Bina Nusantara.

Narsa, I.M., B.D. Nugraheni, dan B. Maritza. 2003. Faktorfaktor yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba selama Krisis Moneter pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Surabaya. Majalah Ekonomi. Tahun XIII, No.2, Agustus.

Nimatur, R. 2015. Pengaruh Leverage Dan Capital Intensity Ratio Terhadap Effective Tax Rate: Dimoderasi Oleh Profitability (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2013). Jom Fekon, 2(2): 1-13

Pratnatika, L.S. 2017. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Return On Asset, Leverage Operasi, Likuiditas, Winner/Loser Stock Terhadap Praktik Perataan Laba. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Richardson, G., and B.R. Lanis. 2007. Determinants of the variability in corporatin offective tax rates and tax reform: Evidence from Australia. Journal of Accounting and Public Policy, 26: 689-704. https://doi.org/10.1016/j.jaccpubpol.2007.10.003

Sholihin, M., dan D. Ratmono. 2013. Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 3.0 untuk Hubungan Nonlinier Dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Suyanto, K.D., dan Supramono. 2012. Likuiditas, leverage, komisris independen, dan manajemen laba terhadap agresivitas pajak perusahaan. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 16: 167-177.

Tiaras, I., dan H. Wijaya. 2015. Pengaruh Likuiditas, Leverage, Manajemen Laba,Komisaris Independen dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak. Jurnal Akuntansi, 19(3): 380-397. https://doi.org/10.24912/ja.v19i3.87

Van Horne, J.C., and J.M. Wachowics. 2013. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Vivian. 2015. Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Income Smoothing Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Perkebunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Dan Bursa Malaysia. Skripsi. Universitas Sumatera Utara

Weston, J.F., dan T.E. Copeland. 1997. Manajemen Pendanaan. Edisi 9. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Widana, I.N.A., dan G.W. Yasa. 2013. Perataan Laba Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 3(2): 297-317.

Widiawati, A. 2016. Analisa Pengaruh Faktor Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, Pajak, Financial Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Praktik Perataan Laba (income smoothing) pada Perusahaan Property dan Real Estate di BEI Tahun 2010-2014. Skripsi. Universitas Lampung.

Zuhroh, D. 1996. Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Tindakan Perataan Laba pada Perusahaan Go Public di Indonesia. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.13.2.93-105

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.