Analisis Kinerja Birokrasi Publik pada Dinas Sosial Kota Dumai

Dedy Afrizal

Sari


Kinerja Birokrasi publik merupakan hasil kerja yang dilakukan secara bersama-sama oleh pegawai dalam sebuah organisasi. Pencapaian kinerja tersebut tentunya dapat dilihat dari pencapaian target kerja yang telah disusun dan adanya dukungan serta upaya dari seluruh bagian unit kerja. Dinas Sosial Kota Dumai dalam menjalankan aktivitasnya sesuai dengan apa yang diprogramkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat kinerja birokrasi publik pada Dinas Sosial Kota Dumai serta faktor pendukung penghambat dari Kinerja Birokrasi Publik pada Dinas Sosial Kota Dumai. Populasi melibatkan seluruh pegawai dengan metode sensus dengan teknik pengumpulan data melalui angket yang hasilnya dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh skor 1.319 (68,69%) dengan kategori Cukup Baik. Faktor Pendukung ditemukan dalam penelitian ini yaitu, terdapatnya akuntabilitas pegawai dalam bentuk tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dan terdapatnya responsibilitas dalam penyelenggaran administrasi tugas-tugas kepemerintahan bidang Sosial sedangkan faktor penghambat dalam penelitian yaitu masih kurangnya kualitas pelayanan yang diberikan untuk penyandang sosial dan masih kurangnya produktivitas dalam upaya pencapaian program kerja yang telah dilaksanakan.

Performance of public bureaucracy is the result of work done jointly by employees in an organization. Achievement of the performance, of course, can be seen from the achievement of work targets that have been prepared and the support and efforts of all parts of the work unit. Dumai City Social Service in carrying out its activities run in accordance with what is programmed. The purpose of this study is to know and see the performance of public bureaucracy at Dumai City Social Service as well as supporting factors inhibiting the Public Bureaucracy Performance at Dumai City Social Service. Population involves all employees with census method with data collection technique through the questionnaire which results are analyzed using descriptive statistical analysis. The results of this study obtained a score of 1319 (68.69%) with the category Good Enough. Supporting factors found in this research that is, there is accountability of employees in the form of responsibility in the implementation of the main tasks and functions and the existence of Responsibilities in administering administrative duties of social affairs while the inhibiting factor in the study is still lack of Quality of Service provided for the social and still lack productivity in efforts to achieve the work program that has been implemented.


Kata Kunci


kinerja; birokrasi publik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah. 2000. Pengembangan Kinerja birokrasi Pemerintah Indonesia. Yogyakarta.

Dhermawan, A.A.N.B., I.G.A. Sudibya, dan I.W.M. Utama. 2012. Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja pegawai di Lingkungan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan 6(2): 173-184.

Dwiyanto, A. 2012. Reformasi Birokrasi Publik Indonesia. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Istianto, B., dan Muhaimin. 2011. Demokratisasi Birokrasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Keban, dan T. Yeremis. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori dan Isu. Jakarta: Gava Media.

Kristiadi. 2001. Menyoal Birokrasi Publik. Jakarta: Balai Pustaka.

Mangkunegara, P.A. 2007. Perencanaan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Penerbit Rafika Aditama.

Masyudi. 2005. Kinerja Birokrasi Pemerintah dalam Pelayanan Kepada Publik. Jurnal APLIKASIA 6(1): 47-66.

Muhammad. 2008. Penilaian Kinerja Sektor Publik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Nawawi, H. 2006. Evaluasi dan Manajemen Kinerja dilingkungan perusahaan dan industry. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ndraha, T. 2003. Kybernology Ilmu Pemerintahan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nurhidayah, Mappamiring, dan Burhanuddin. 2013. Kinerja Birokrasi Pemerintah Daerah. Jurnal OTORITAS 3(2): 136-149.

Pasolong, H. 2008. Kepemimpinan Birokrasi, cetakan kedua. Alvabeta.

Rizal, M.F. 2011. Analisis Kinerja Aparatur Birokrasi (Studi pada Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Administrasi Publik 1(2): 112-129.

Saud, M.M. 2007. Sistem Adminitrasi Birokrasi Pemerintah. Jakarta Timur: Salemba.

Sedarmayanti. 2009. SDM & Produktifitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Waluyo. 2007. Manajemen Publik (Konsep, Aplikasi dan Implementasinya dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah). Bandung: Mandar Maju.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.13.1.53-62

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.