Pengaruh Kepemimpinan, Fokus pada Konsumen, Pemberdayaan Karyawan, dan Manajemen Proses terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT Telkomsel Area Pekanbaru

Febriwanti Febriwanti, Zulfadil Zulfadil, Samsir Samsir

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepemimpinan, fokus pada konsumen, pemberdayaan karyawan dan manajemen proses terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Telkomsel Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan tetap di PT. Telkomsel Pekanbaru yang berjumlah 123 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanya 94 orang. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS dan Uji Beda T-Test. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan diketahui bahwa Kepemimpinan, fokus pada konsumen, pemberdayaan karyawan dan manajemen proses secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawandi PT. Telkomsel Pekanbaru. Kepuasan kerja karyawan laki-laki dan perempuan relative tidak berbeda, walupun secara rata-rata kepuasan kerja karyawan perempuan lebih tinggi dari kepuasan kerja karyawan laki-laki. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan orientasi dimana kepuasan kerja karyawan laki-laki terletak pada tugas yang dikerjakan dan motivasi yang diberikan atasan, sedangkan orientasi kepuasan kerja karyawan perempuan ada pada besaran gaji, peluang promosi dan interaksi antar karyawan di dalam perusahaan. Pimpinan perusahaan harus memperhatikan sistem gaji dan promosi yang telah ada karena karyawan yang berjenis kelamin laki-laki menganggap bahwa sistem gaji dan promosi belum dapat memuaskan kerja, selain itu pimpinan juga perlu memperhatikan bagaimana hubungan interaksi yang ada baik itu karyawan dengan karyawan maupun karyawan dengan pimpinan sehingga kepuasan kerja dapat meningkat.

Kata Kunci


Kepemimpinan; Fokus Pada Konsumen; Pemberdayaan Karyawan; Manajemen Proses; Kepuasan Kerja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anoraga. 2009. Manajemen Bisnis. Semarang: PT Rineka Cipta.

Edwin. 2006. Manajemen Personalia. Jakarta: Erlangga.

Gaspersz, V. 2014. Production Planning and Inventory Control. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Gonzally. 2006. Production Planning and Inventory Control. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Heidjrachman. 2006. Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE.

Ishak dan Hendri. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Munizu, M. 2010. Praktik Total Quality Management (TQM) Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Telkom Tbk. Cabang Makassar). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. Vol.12. No. 2. Hal. 185-194.

Morrow. 2006. Work Commitment Among Departement of Transfortation Employees, Profesional Notes, Review of Public Personnel Administration, Vol 8. No.3. Hal. 96-104.

Raharjo dan D. Nafisah. 2006. Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi Dan Kinerja Karyawan (Studi Empiris pada Departemen Agama Kabupaten Kendal dan Departemen Agama Kota Semarang). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi. Vol 3 No 2.

Rivai. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tjiptono dan Anastasia. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo.

Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja, edisi ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.12.1.55-70

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.