Implementasi Peraturan Bupati Pelalawan Nomor 45 Tahun 2012 Tentang Perubahan Pedoman Penilaian PNS Berprestasi

Wan Marlina Rusnita, Meyzi Heriyanto, Tuti Khairani Harahap

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Implementasi Peraturan Bupati Nomor 45 Tahun 2012 Tentang Perubahan Pedoman Penilaian PNS Berprestasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pelalawan, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumen. Analisis data menggunakan konsep trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Peraturan Bupati Nomor 45 Tahun 2012 Tentang Perubahan Pedoman Penilaian Pegawai Negeri Sipil Berprestasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pelalawan belum terlaksana secara maksimal. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan yaitu konsistensi, motivasi dan koordinasi.

Kata Kunci


Kebijakan; Penilaian; Pegawai Negeri Sipil; Kualitatif; Kabupaten Pelalawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, S. Z. 2012. Kebijakan Publik: Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Humanika.

Agustino, L. 2006. Dasar-dasar Kebijakan Publik: Cetakan Pertama. Bandung: CV Alfabeta.

Hassel, N. 2003. Evaluasi Kebijakan Publik. Yogyakarta: Balairung & Co.

Nugroho, D. R. 2012. Public Policy: Dinamika Kebijakan, Analisis Kebijakan, Manajemen Kebijakan: Edisi Keempat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Syafri, W. H., dan Setyoko, I. P. 2008. Implementasi Kebijakan Publik dan Etika Profesi Pamong Praja. Jatinangor: Alqaprint.

Wahab, S. A. 2001. Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta: Bumi aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.12.1.1-9

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.