Pengaruh Manipulasi Aktivitas Riil terhadap Dividen Perusahaan LQ 45 di Bursa Efek Indonesia

Eka Hariyani

Sari


Penelitian ini menguji Pengaruh manipulasi aktivitas riil terhadap dividen perusahaan LQ 45 di Bursa Efek Indonesia. Untuk menyelidiki masalah ini, studi ini menggunakan data-data dari Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini adalah perusahaan LQ 45 dari tahun 2010 hingga 2013. Berdasarkan data 2010-2013 terdapat 92 sampel perusahaan yang terdaftar secara konsisten dalam kelompok LQ 45. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji deskriptif program SPSS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat sampel melakukan manipulasi aktivitas riil melalui arus kas operasi, karena sampel arus kas operasi abnormal. Tidak terdapat pengaruh manipulasi aktivitas riil terhadap dividen perusahaan LQ 45. Perusahaan yang melakukan manipulasi aktivitas riil menunjukan dividen yang lebih tinggi dibandingkan dengan dividen perusahaan yang tidak melakukan manipulasi aktivitas riil. Manipulasi aktivitas riil dipergunakan untuk menstabilkan dividen atau mencapai target profitabilitas tertentu atau menghindari laporan keuangan perusahaan yang merugi.

Kata Kunci


Arus kas operasi; manipulasi aktivitas riil; dividen; Operating cash flow; manipulation of real activity; dividend

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardiyos. 2009. Kamus Besar Akuntansi. Jakarta: Citra Harta Prima.

Gitman, L. J. 2003. Principles of Managerial Finance 10th Edition. Addison Wesley. USA.

Mustafa, H. 2000. Pedoman Penulisan Proposal Penelitian. http://hasanmustafa.blogspot.co.id/. Diakses pada 27 Agustus 2013.

Herdiani, R. E., Ekasiwi, M. Didik, dan Ardiyanto. 2016. Analisis Pengaruh Manajemen Laba dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen. FE dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semaran. Dipublikasikan, 23-4-2016.

Sugiartha, I. P. 2010. The Effect of Real Activities Manipulation to Accrual Earning Management. Accounting Conference Doctoral Colloquium. Universitas Indonesia.

Irawan, R. 2011. Analisis dan Pengaruh Manajemen Laba Akrual dan Aktivitas Nyata terhadap Penawaran Right Issu serta Kinerja Jangka Panjang pada Perusahaan yang melakukan Penawaran Right Issu, di BEI. USU, Medan. Dipublikasikan.

Megawati. 2009. Analisis Arus kas Operasi dalam Mendeteksi manipulasi Aktivitas Riil dan Dampaknya terhadap Kinerja Pasar. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol. 12, No. 1 Januari.

Miller dan Modigliani. 1961. Dividen Policy Growth and the Valuation of Shares, Journal of Business. Vol. 34, p. 411-33.

Roychowdhury, S. 2003. Management of earnings through the manipulation of real activities that affect cash flow from operations. Working paper. Sloan School of Management, 2003. Available at, www.ssrn.com, University of Rochester, USA.

Roychowdhury, S. 2006. Earning management troough real activities manipulation, Journal of Accounting and Economics, Vol. 42, p. 335-370, University of Rochester, USA.

Samrotun, Y. C. 2015. Kebijakan Dividen dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Paradigma. Vol. 13 No. 1 Februari-Juli 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.11.2.87-99

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.