Pengaruh Reward sebagai Variabel Moderasi dengan Kompetensi, Independensi, Pengalaman Kerja, dan Keahlian Profesional terhadap Kualitas Audit

Muhammad Iqbal Heriansyah, Taufeni Taufik, Vince Ratnawati

Sari


Penelitian ini menggunakan metode survey pada Inspektorat Provinsi dan Kabupaten di Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reward sebagai variabel moderasi dengan kompetensi, independensi, pengalaman kerja, dan keahlian profesional terhadap kualitas audit. Populasi penelitian adalah seluruh auditor yang melakukan pekerjaan pemeriksaan di Inspektorat Provinsi Riau, Kabupaten Rokan Hulu, dan Kabupaten Indragiri Hilir yang berjumlah 45 orang. Penelitian ini merupakan survei sensus. Data yang digunakan adalah data primer, dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi dengan pengolahan data menggunakan SPSS. Dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kompetensi, independensi, pengalaman kerja, keahlian profesional, interaksi antara kompetensi dan reward, dan interaksi antara keterampilan profesional dan reward berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Sementara interaksi antara independensi dan reward, dan interaksi dari pengalaman kerja dan reward tidak berpengaruh terhadap kualitas audit.


Kata Kunci


Kualitas Audit; Kompetensi; Independensi; Pengalaman Kerja; Keahlian Profesional; Reward; Audit Quality; Competence; Independence; Work Experience; Professional Expertise; Reward

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman. 2014. Pengaruh Faktor Kompetensi, Stres Kerja dan Sistem Reward terhadap Kinerja Auditor Eksternal Pemerintah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin. Makassar.

Ardini, L. 2010. Pengaruh Kompetensi, Independensi, Akuntabilitas dan Motivasi terhadap Kualitas Audit. STIESIA. Surabaya.

Arens, A. A., J.E Randal, dan S.B. Mark. 2004. Auditing dan Pelayanan Verifikasi, Pendekatan Terpadu. Jilid 1, Edisi Kesembilan. PT. Indeks. Jakarta.

De Angelo, L.E. 1981. Auditor Size and Audit Quality. Journal of Accounting & Economics.

Elfarini, E.C. 2005. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor terhadap Kualitas Audit. Universitas Negeri Semarang.

Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi ketiga. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hans, Bob, Philip Tampubolon. 2013. Penghargaan dan Sanksi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Lowenshon, S., Johnson E.L., dan Elder J.R. 2005. Auditor Specialization and Perceived Audit Quality, Auditee Satisfaction, and Audit Fees in the Local Government Audit Market.

Madris. 2009. Analisis Pengaruh Beban Kerja PNS dan Reward PNS terhadap Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Negeri. Analisis Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Seri Ekonomi dan Pembangunan. Vol.6 No.1.

Messier, F.W., V.S. Glover, dan F.D. Prawitt. 2005. Jasa Audit dan Assurance: Suatu Pendekatan Sistematis. Diterjemahkan oleh Nuri Hinduan. Edisi 4 Buku 1 & 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Murtini, Sri dan Edi Wijayanto. 2003. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keahlian Auditor. Jurnal Akuntansi Bisnis Perbankan Indonesia, Vol.9 No.1.

Omtinah. 2013. Pengaruh Penghargaan (Reward) terhadap Kinerja Karyawan Muslim Bni Syari’ah Cabang Semarang. Skripsi tidak dipublikasikan. Semarang: Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam Institute Agama Islam Negeri Walisongo.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara nomor PER/05/M.PAN/03/2008. Standar Audit Aparat Pengawasan Intern Pemerintah. Jakarta.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Purwati, Atiek Sri. 2007. Motivasi Sebagai Aspek Dalam Penentuan Sistem Penilaian Kinerja dan Imbalan (Reward). Jurnal Kajian dan Pengembangan Akuntansi. Vol. 2. No.1. Hal: 12-23.

Sri Lastanti, Hexana. 2005. Tinjauan Terhadap Kompetensi dan Independensi Akuntan Publik: Refleksi Atas Skandal Keuangan. Media Riset Akuntansi, Auditing dan Informasi Vol.5 No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.11.1.1-14

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.