Analisis Efisiensi Produksi Petani Padi Peserta Operasi Pangan Riau Makmur di Kabupaten Siak

Fatia Ulfah, Fajar Restuhadi, Rosnita Rosnita

Sari


Provinsi Riau merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang membuat program sentra produksi beras dalam menjaga ketersediaan pangan nasional, hal ini dilakukan karena dari tahun 2008-2012 mengalami defisit beras yang rata-rata hampir 248.315 ton setiap tahunnya. Dalam memenuhi kebutuhan beras regional Provinsi Riau sangat bergantung pasokan beras dari luar daerah seperti Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Pada tahun 2009 Pemerintah Provinsi Riau meluncurkan program yang disebut dengan Operasi Pangan Riau Makmur (OPRM) dengan target pengurangan defisit beras pada akhir tahun 2013 sebesar 11,83 persen. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi profil petani padi peserta program OPRM, menganalisis faktor dominan yang mempengaruhi produksi padi di Kabupaten Siak, dan menganalisis tingkat efisiensi teknis, efisiensi alokatif, dan efisiensi ekonomi usaha tani padi di Kabupaten Siak. Metode analisis yang digunakan adalah analisis fungsi produksi Cobbdouglas untuk menjawab tujuan pertama, fungsi produksi frontier dan fungsi ganda biaya perbatasan dengan pendekatan DEAP untuk tujuan kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan luas lahan, pupuk urea, pupuk organik, pestisida, kesesuaian lahan, program dan pendidikan mempengaruhi produksi secara signifikan. Sebagian besar petani peserta program OPRM dan bukan peserta program OPRM telah efisien secara teknis namun belum efisien secara alokatif dan ekonomis.

Kata Kunci


Usahatani padi; program OPRM; efisiensi; rice farming; OPRM program; efficiency

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik Provinsi Riau. 2013. Perkembangan Luas Panen, Produktivitas, dan Produksi Padi Menurut Wilayah, 2011−2013.

Beattie R, dan C Robert Taylor. 1985. Ekonomi Produksi. Soeratno J, penerjemah; Yogyakarta: UGM Press. Terjemahan dari The Economics of Production.

Coelli, T., D. S. P. Rao, and G. E. Battese. 1998. An Introduction to Efficiency Productivity Analysis. Kluwer Academic Publisher: Boston.

Doll, J. P. dan F. Orazem., 1984. Production Economics: Theory with Aplications. Edisi kedua. Jhon Wiley and Sons. United States of America.

Joesran, dan Fathorrozi. 2003. Teori Ekonomi Mikro. Salemba Empat, Jakarta.

Lau, L. J., and P. A. Yotopoulos. 1971. A Test for Relative Efficiency and Application to Indian Agriculture. The American Economic Review, 61 (1): 94-109.

Noeriati, Djohar R. D., M. H. Susanto, dan N. Hanani. 2008. Simulasi Pengaruh Kebijakan Pemerintah Terhadap Harga Beras di Indonesia. Jurnal Agritek, volume 16 No. 11.

Saptana. 2012. Konsep Efisiensi Usahatani pangan dan Implikasinya bagi Peningkatan Produktivitas. Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Online pada: pse.litbang.pertanian.go.id/ind/pdffiles/FAE30-2c.pdf. Diakses pada 10 Mei 2015.

Suprihono, B. 2003. Analisis Efisiensi Usaha Tani Padi Pada lahan sawah di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak”. Tesis, Magister Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.11.1.61-73

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.