Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru

Netti Ermi

Sari


Abstract The purpose of this study is to know how the discussion method implemented and to know the increase of students’ achievement on social changing topic in sociology subject at SMA Negeri 4 Pekanbaru. Based on the result of examination, it was found that most students cannot reach the minimum achievment criterion (KKM). To solve this problem, the researcher used discussion method. The data of this study are taken from students score on pre-test and post -test. The result of pre-test showed that only 9 (25.71 %) students reach KKM while 26 (71.29%) students cannot reach KKM. After using discussion method in cycle 1, it was found at the first activity, there were 12 (31.29%) sgtudents reached KKN while 23 (65.71%) students cannot reach KKM and at the second activity there were 24 (68.7%) students reached while 11 students cannot reach KKM. The result of cycle 2 showed that at the first activity there were 27 (77.14%) students reaxhed KKM whille 8 (22.86%) cannot reach KKM and at the second activity there were 35 (100%) students reached KKM. It is concluded that the discussion method can increase twelve grade students’ achievment in social changing topic in sociology subject at SMA Negeri 4 Pekanbaru.


Kata Kunci


Discussion method; student achievment; social changing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Annurahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta, Jakarta.

Ariends, R. 2008. Learning To Teach: Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta, Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. PT Rineka Cipta, Jakarta.

Ernasari. 2011. Efektivitas Pembelajaran Model Inquiry dengan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Eksperimen pada Pembelajaran Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rancaekek). Tesis Magister pada PIPS UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Hergenhanhn, B. R., dan M. H. Olson. 2008. The Teories of Learning (Teori Belajar) Edisi ketujuh. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Lusdiyono, S. S. 2006. Sosiologi 3 Suatu Kajian Kehidupan Sosial untuk Siswa SMA – Madrasah Aliah. Kelas XII. Agarya Media Utama.

Made Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara, Jakarta.

Masni. 2013. Metode Diskusi. http://masnibios.blogspot.com/2013/04/metodediskusi.

Mills, G. E. 2000. Action Reseach A Short Modern History. Geelong Deakin University Press.

Samani, M. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Subroto, S. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah.PT Ardi Mahatya, Jakarta.

Usman, M. U., dan Setiawati, L. 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Wahidmurni, A. M., dan Ridho, A. 2010. Pembelajaran Kompetensi danPraktik. Nuha Letera, Yogyakarta.

Wardhani, IGAK., dan Wihardit, K. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Buku Materi Pokok IDIK 4008/2SKS/Modul 1-6. Penerbit Universitas Terbuka, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.10.2.155-168

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.