PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA KRITIS PARAGRAF MATERI TRANSPORTASI SISWA KELAS V SD NEGERI 035 PEKANBARU

Raja Usman

Sari


Abstrak Penelitian ini bertujuan memperbaiki hasil belajar membaca kritis menentukan paragraf sebuah wacana atau bacaan siswa kelas V SD Negeri 035 melalui Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan penelitian sesuai dengan prosedur pembelajaran, mulai dari perencanaan, kegiatan awal, inti, dan penutup. Kemudian mengevaluasi proses pembelajaran untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Sebelum melakukan penelitian mereka diberikan tes awal dengan hasil yang tuntas sebesar 43,90% dan tidak tuntas 56,10%. Untuk meningkatkan hasil belajar membaca mereka, digunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode ini memang diperkenalkan dengan siswa tentang bagaimana cara membaca kritis dengan materi menemukan paragraf bacaan transportasi yang ada di pedasaan dan perkotaan. Subjek penelitian adalah 41 siswa kelas V SD Negeri 035 Pekanbaru. Siklus I yang tidak tuntas 42,90% dan tuntas 57,10%, untuk siklus II rata-rata mereka telah mencapai ketuntasan sebesar 100%. Hasilnya sebagai dasar untuk dijadikan penelitian ini karena metode yang digunakan metode CTL. Dapat disimpulkan bahwa metode CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 035 Pekanbaru.


Kata Kunci


Metode CTL; Hasil Belajar; Membaca Kritis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Trianto. 2006. Speed Reading (Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta PT Elex Jakarta Gramedia Pustaka Utama.

B. Jhonson. Elaine. 2007. Contextual Teaching and Learning. Menjadikan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Diterjemahkan Ibnu Setiawan. Bandung. Mizan Media Utama.

Mills. G.E. 2000 Action Research A. Guide for Teacher Researcher. Colombia: Merrill, An Imprint of Prentice Hall.

Moleong, J Lexy. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya

Nana, Sudjana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru. Algesindo.

Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Malang. Universitas Negeri Malang.

Tarigan, H. G. 2008. Membaca sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung. Penerbit Angka Bandung.

Wardani, IGAK. Wihardit, Kuswaya. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Penerbit Universitas Terbuka.

Sanjaya, W. 2010. Starategi Pembelajaran Berorientasi Standar RosesPendidikan. Jakarta. PRENADA MEDIA GROUP.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.10.1.65-80

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.