PENGGUNAAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI

Netti Ermi

Sari


Abstrak Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Jigsaw dalam pelajaran Sosiologi materi konflik sosial, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, dan apakah metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pelajaran sosiologi materi konflik sosial. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jumlah siswa sebanyak 40 orang. Pada kenyataannya bahwa hasil belajar mata pelajaran sosiologi masih rendah. Ini disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah sehingga mereka masih menerima pelajaran dari guru. Peneliti mengambil kebijakan untuk menggunakan metode Jigsaw. Metode Jigsaw pusat belajar terletak pada siswa (student centre) dan diharapakan dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa. Ternyata setelah dilaksanakan proses pembelajaran, ternyata metode Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat persentase tuntasnya. Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa metode Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Pekanbaru.


Kata Kunci


Metode Jigsaw; Hasil Belajar; Konflik Sosial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita Lie. 2005. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : Gramedia.

Annurahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakakarta: Renike Cipta.

Ibrahim, M. 2005. Asesmen Berkelanjutan: Konsep Dasar, Tahapan Pengembangan dan Contoh. Surabaya. Unesa university Press.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Rohimat, T., Asep, H., Hendri. 2011. Pendekatan Metode Mengajar. Modul 5. Jakarta. Penerbit Universitas Terbuka.

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sriyono, dkk., 1992, Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.

Sudrajat, Ahmad. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. http://ahmadsudrajat.wordpress.com/2008/03/02. Diakses tanggal 3 Agustus 2012.

Trianto. 2009. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar siswa dengan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Teknik Jisaw pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Teluk Batang.

Wragg, C.E. 1994. Classroom Teaching Skills. Nicholas Publishing




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/sorot.10.1.19-35

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.